Koran sin po 31 januari 1931

Volkenbond poenja kerdjahan di loear kalangan politiek.

Laporan: Sinpo
Rabu, 31 Januari 2024 | 07:00 WIB
Koran Sin Po 31 Januari 1931 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 31 Januari 1931 (Monash University/SinPo.id)

LEAGUE OF NATIONS atawa Volkenbond teroetama didiri[1]ken sebab oeroesan politiek dan ada jang bilang ini gedong ada dari „British architecture”,jalah terlaloe elonin Inggris dan kawannja. Tapi djoega di loear kalangan politiek Volkenbond bergerak dan boleh djadi di kalangan social dan intellectueel lebih bisa diadaken, co-operatie atawa pakerdjahan sama-sama setjara lebih djoedjoer dari di lapangan politiek antara berbagi-bagi bangsa.

Apa ada pakerdjahannja Volkenbond di loear kalangan politiek? Boeat djawab ini, kita koetib bebrapa hal dari ”Ten Years of World Co-operation” jang diterbitkenleh Volkenbond sendiri (1930).

Pertama boleh diseboet Volkenbond poenja pakerdjahan dalem oeroesan kasehatan Dienst kasehatan dari Volkenbond berdasar atas artikel 23 dari convenant dari Volkenbond, jang bilang negri-negri jang djadi lid will endeavour to take steps in ma'tters of international concern for the prevention and control of disease”.

Eastern. Epidemiological Bureau di Singapore ada salah-satoe pendirian dari ini afdeeling dari Volkenbond. Djoega Volkenbond telah diriken bebrapa commissie boeat selidikin bebrapa penjakit seperti oepama Malaria-commiBsie (1924); djoega 'telah diadaken commissie boeat oeroesan penjakit tidoer, penjakit tuberculose, penjakit kanker, penjakit lepra, kamatian dari anak ketjil, enz.

Anak ketjil jang mati dibawa oesia sa’toe taon besar djoemblahnja; satoe per sapoeloe dari semoea djoemblah. kamatian ada disebabken oleh kamatian anak-anak baji („Numerically, the mortality of children under one year of age is one of the outstanding features in the death rate; it accounts for one tenth of tbs total number of deaths” p. 253).

Lantaran ini Volkenbond rasa perloe perhatiken setjara special ini soewal. Dalem boelan September 1929 pamerentah Tiongkok telah oendang achli-achli kasehatan dari Volkenbond ka sana boeat bantoe atoer dienst kasehatan. dari Tiong kok, oendangan mana telah ditrima.

Satce afdeeling laen dari Volkendbond adla afdeeling ..Intellectual Co-operation” atawa pakerdjahan sama-sama dalem oeroesan intellect. Comittee boeat ini maksoed terdiri dari orang-orang terpili sebagi Henri Bisrgson, Prof. Einstein, Njonja Curie, Dr. Lorentz, enz.

Doea orang Timoer toeroet terpilhi, jalah saorang Japan,, M. Taniakadafce (boeat ilmoe alam) dan saorang.......... Hindoe, jalah Sir Jagadis Chandra Bose (boeatbiologie).

Perkerdjahan dari ini afdeeling dari Volkenbond ada banjak matjem, seperti adaken co-operation antara berbagi - bagi liberaries, belaken hak dari orang jang dapetken pekakas atawa laen hal jang baroe, salin boekoe – boekoe penting, enz.

Senator Ruffini telah madjokken voorstel dalem taon 1923 boeat akoe dengen wet haknja saorang terpladjar boeat dapet bagian dari kaoentoengan jang terbit lantaran ia poenja pendapetan.

Djoega oeroesan copyright (auteursrecht) telah dibitjaraken dalem conferentie international dalem taon 1929. Boeat salin boekoe-boekoe penting, telah ditjari perhoeboengan dengen P.E.N. Club jalah koempoelan penoelis international jang didiriken oleh John Galsworthy dan dari apa Liang Chi

Chao almarhoem perna diangkat djadi anggota. Volkenbond djoega poenja afdeeling boeat oeroesan.......... amal (Social and Humanitarian Section), jalah boeat toeloeng korban kalaparan, toeloeng bikin baek nasibnja boedak-boedak dari sebaginja.

Begitoelah orang liat Volkenbond pelahan-pelahan toemboe djadi sociale instelling yang penting.sinpo

Komentar: