Satpol PP DKI Pastikan Ibu Kota Bersih Dari APK Saat Hari Pencoblosan

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 13 Februari 2024 | 22:00 WIB
Atribut Kampanye (SinPo.id/Ashar)
Atribut Kampanye (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta memastikan seluruh alat peraga kampanye (APK) sudah diturunkan jelang pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, setiap sudut Ibu Kota seperti flyover dan jalanan utama akan steril dari APK dan atribut pemilu.

"Iya, pokoknya hari h pencoblosan semua APK harus turun," kata Arifin kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa 13 Februari 2024.

Arifin mengaku, pihaknya sudah berkeliling disetiap wilayah guna memastikan seluruh APK sudah diturunkan.

"Yang penting lihatnya Jakarta sudah terang benderang. Buat Jakarta sekarang lebih enak dilihat," ujarnya.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan, pihaknya telah mengamankan sebanyak 300 ribu APK sejak Minggu, 11 Febaruari 2024 kemarin. Selain itu, penurunan APK saat ini juga masih berlangsung di seluruh wilayah Jakarta.

"Udah 300 ribu lebih (APK). Hari ini masih (penurunan APK), terutama di permukiman, kawasan perumahan, tetap sampai hari terakhir ini. Mungkin masih ada yang kelewatan," jelasnya.

"Intinya, di manapun tempatnya kalau masih ada kita segera tuntaskan," katanya.

Sebelumnya, Satpol PP DKI Jakarta mengerahkan 2.300 personel untuk menurunkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 di berbagai wilayah secara serentak.

Sebagai informasi, penurunan APK mengacu pada Undang-undang (UU) No 7/ 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilhan Umum Republik Indonesia No 15/2023.sinpo

Komentar: