Menhan Prabowo Dampingi Jokowi Resmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 19 Februari 2024 | 10:02 WIB
Jokowi didampingi prabowo resmikan RS PPN Jendral Soedirman (SinPo.id/Youtube)
Jokowi didampingi prabowo resmikan RS PPN Jendral Soedirman (SinPo.id/Youtube)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman di Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jokowi didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Pembangunan rumah sakit tersebut diinisiasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada saat munculnya pandemi Covid-19. Kemhan berinisiatif agar kebutuhan anggota Kemhan/TNI beserta keluarganya dan masyarakat umum terhadap kesehatan dapat terpenuhi.

"Peristiwa Covid-19 telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap, rumah sakit dengan kesiapan SDM dengan fasilitas yang memadai, untuk mengatasi kondisi kedaruratan kesehatan seperti yang pernah kita alami," kata Jokowi dalam sambutannya, Senin, 19 Februari 2024.

"Karena itu saya sangat menghargai, mengapresiasi pembangunan rumah sakit pusat pertahanan negara panglima besar sudirman (RS PPN) dan 25 rumah sakit yang di inisiasi oleh kementerian pertahanan," tambahnya.

Hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kemudian KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Muhammad Ali, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Diketahui, ada sebanyak 20 Rumah Sakit TNI yang diresmikan di seluruh Indonesia dan juga dilaksanakan pengobatan/pemeriksaan kesehatan massal.

Sebanyak 20 Rumah Sakit TNI yang diresmikan terdiri dari 11 Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) yaitu RSAD Tk. IV Pangkal Pinang Kesdam II/Swj di Pangkalpinang, RSAD Tk. III dr. Reksodiwiryo Padang Sumatra Barat Kesdam I/BB di Padang, RSAD Tk. IV Kesdam Iskandar Muda di Aceh, RSAD Tk. IV Atambua Kesdam IX/Udy di Atambua.

RSAD Tk. IV Bima Kesdam IX/Udy di Bima, RSAD Tk. IV Gorontalo Kesdam XIII/Mdk di Gorontalo, RSAD Tk. III Mamuju Kesdam XIV/Hsn di Mamuju, RSAD Tk. III Tanjung Selor Kesdam VI/Mlw di Tanjung Selor, RSAD Tk. IV Samarinda Kesdam VI/Mlw di Samarinda, RSAD Tk. IV J.A. Dimara Manokwari Kesdam XVI/Ksr di Manokwari, dan RSAD Tk. IV Sorong Kesdam XVIII/Ksr di Sorong.

Kemudian, terdapat tiga Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) yaitu RSAL Tk. III Rahadi Osman Lantamal XII di Pontianak, RSAL Tk. III Dr.dr Tarmizi Taher Lantamal II di Padang, dan RSAL dr. Oetoyo Tk. III Lantamal XIV di Sorong.

Selanjutnya, enam Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) yaitu RSAU dr. Mohammad Moenir Lanud Abd Saleh di Malang, RSAU dr. Efram Harsana Lanud Iswahjudi di Madiun, RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo di Solo, RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadharma di Subang, RSAU dr. Norman Lubis Lanud Sulaiman di Bandung, dan RSAU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

Termasuk lima rumah sakit TNI yang telah dioperasikan yaitu Rumah Sakit Modular Jenderal TNI L.B. Moerdani di Merauke, Papua, RS. Tk. III Brawijaya, RSAL Tk. II dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal Surabaya, Jawa Timur, Rumah Sakit Tk. IV Timika Kesdam XVII/Cendrawasih, Papua, dan Rumah Sakit Tk. III Salak dr. H. Sadjiman, Bogor.

 sinpo

Komentar: