Petugas Evakuasi Dua Ular Sanca di Jagakarsa

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 20 Februari 2024 | 15:52 WIB
Ilustrasi ular sanca (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi ular sanca (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan berhasil mengevakuasi dua ular sanca dari dua lokasi berbeda di Kecamatan Jagakarsa. 

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda mengatakan, kedua ular sanca berhasil dievakuasi dari Jalan Shibi IV, Kelurahan Srengseng Sawah dan Jalan Sarpa I, Kelurahan Ciganjur.

"Untuk proses evakuasi kedua ular sanca itu kami mengerahkan tujuh personel dengan peralatan pendukung diperlukan," ujar Syamsul dikutip dari laman resmi Pemprov DKI, Selasa, 20 Februari 2024.

Syamsul menjelaskan, untuk ular sanca di Kelurahan Srengseng Sawah diketahui berada di dalam rumah warga. Sedangkan, di Kelurahan Ciganjur, ular sanca diketahui sedang berada di kandang ayam milik warga.

"Kedua ular itu memiliki panjang sekitar tiga meter. Proses evakuasi berjalan lancar. Ular ini selanjutnya akan kita serahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta," terangnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Ciganjur, Safrudin (47) menuturkan, keberadaan ular sanca diketahui saat memakan ayam ternaknya. Dia kemudian menghubungi petugas Gulkarmat untuk melakukan evakuasi ular tersebut karena dikhawatirkan bisa membahayakan warga.

"Sebelumnya, saya sudah sering kehilangan ayam yang saya pelihara, ternyata kemungkinan dimakan ular ini," katanya.sinpo

Komentar: