Indonesia Fashion Week 2024, Tren Terkini Gaya Busana Tanpa Tinggalkan Budaya

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 | 06:19 WIB
Fashion (pixabay)
Fashion (pixabay)

SinPo.id -  Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 akan dihelat mulai dari 27-31 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Pelaksanaan IFW tahun ini mengusung tema "Langgam Jakarta Teranyam".

IFW 2024 menjadi event berskala internasional yang diinisiasi Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta serta didukung sejumlah stakeholder pemerintah maupun swasta.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, IFW 2024 merupakan event besar di bidang fesyen dengan misi strategis dalam mengembangkan pelaku usahanya untuk selalu memperhatikan kualitas desain tanpa meninggalkan budaya. 

"Budaya menjadi unsur pembeda, unsur yang dapat menarik konsumen, harus selalu menjadi pemicu kreativitas. Budaya Betawi sebagai hasil akulturasi berbagai budaya dari pendatang merupakan keunikan yang dapat dimanfaatkan di bidang fesyen," ujarnya, saat launching IFW 2024 di Midaz Senayan Golf, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 21 Februari 2024

Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono menambahkan, tema "Langgam Jakarta Teranyam" diambil sebagai bentuk apresiasi terhadap kaleidoskop budaya Betawi. Melalui tema ini, IFW 2024 mencoba menangkap esensi persatuan dan kebhinekaan melalui kacamata mode. 

"Esensi persatuan dan kebhinekaan itu digambarkan oleh perpaduan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab, dan Eropa. Sehingga, kami berharap audiens dapat memulai perjalanan visual yang melampaui batas-batas budaya dan merangkul keindahan multikulturalisme," paparnya.

Poppy menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya, di IFW 2024 keindahan wastra nusantara akan menjadi highlight utama dan tahun ini akan bertabur wastra DKI Jakarta. IFW 2024 melibatkan ratusan desainer dan peserta pameran dalam pekan mode paling bergengsi di Indonesia.

"Akan banyak tekstil tradisional yang motifnya terinspirasi dari batik Melayu, sulaman sutra khas Tiongkok, desain geometris Arab, dan dinamisnya kota metropolitan. Kesemuanya itu menyatu untuk menciptakan perpaduan unik yang membentuk ciri khas budaya Jakarta," tandasnya.

Untuk diketahui, acara peluncuran kampanye IFW 2024 diselenggarakan dengan meriah di Midaz Senayan. Acara diisi dengan mini talk show, peluncuran video kampanye, dan diakhiri dengan peragaan busana. Acara dihadiri oleh pecinta mode, perancang busana, model, influencer, dan indan media.

Peluncuran ini akan menjadi kali pertama tema dan video kampanye IFW 2024 ditayangkan secara publik sebagai bentuk rangkaian aktivasi menuju #RoadtoIFW2024.sinpo

Komentar: