Cerita Jokowi Tak Bisa Tolak Undangan Kongres PGRI

Laporan: Tio Pirnando
Sabtu, 02 Maret 2024 | 15:01 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Youtube)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Youtube)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak bisa menolak undangan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meski ada acara lain. Bahkan, Jokowi menyebut bersedia menghadiri acara PGRI dalam waktu yang berdekatan.

"Dalam 3 bulan saya sudah dua kali datang ke acara PGRI. Pertama, di November 2023 di hari guru, kemudian pagi ini di Kongres PGRI. Ini jarang sekali 3 bulan, tapi sekali lagi, karena para guru yang mengundang, saya tidak bisa menolak. Karena jasa guru sungguh besar untuk negeri ini," kata Jokowi saat membuka Kongres XXIIII PGRI, pada Sabtu, 2 Maret 2024. 

Jokowi menjelaskan, demi menghadiri acara Kongres PGRI, dirinya menggeser jadwal Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Kota Palembang.

"Harusnya saya masih di Palembang. Setelah hari Rabu saya ke Samarinda, terus Kamis di Bontang, Jumatnya masih di IKN, dan Sabtunya undangan ada dua, PGRI dan IMM," ujar Jokowi. 

Karena mempunyai dua agenda di hari Sabtu yaitu IMM dan PGRI, Jokowi pun meminta Mensesneg Praktikno untuk memajukan jadwal Muktamar IMM, yang dilakukan Jumat kemarin. 

"Saya sampaikan ke pak Mensesneg, tolong sampaikan ke IMM maju ke Jumat malam' Alhamdulillah bisa," kata Jokowi disambut tepuk tangan.

Sehingga, lanjut Jokowi, dirinya langsung bertolak dari IKN Nusantara naik helikopter ke Balikpapan untuk membuka Muktamar IMM tadi malam. Dan, ia baru mendarat di Istana Bogor untuk beristirahat sekitar pukul 12.00 WIB.

"Pagi tadi, dari Bogor meluncur ke sini supaya bisa bertemu dengan bapak ibu guru," katanya.sinpo

Komentar: