Heru Budi Imbau Warga Jakarta Tak Mudik Lebaran Naik Motor

Mudik Lebaran Idulfitri 2024

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 08 Maret 2024 | 17:30 WIB
Pj Heru Budi Hartono (SinPo.id/ppid dki)
Pj Heru Budi Hartono (SinPo.id/ppid dki)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau warga di Ibukota agar tidak mudik menggunakan sepeda motor ke kampung halaman saat lebaran.

“Ada mudik gratis, kami sedang atur waktunya. Jika nanti ingin mudik, diatur sedemikian rupa, dan hindari menggunakan kendaraan roda dua,” ujar Heru Budi kepada wartawan, Jumat, 8 Maret 2024.

Mantan Walikota berharap masyarakat memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta maupun dari pemerintah pusat. 

“Pemerintah daerah bersama Kementerian Perhubungan, bersama stakeholder lain pasti memfasilitasi semaksimal mungkin,”paparnya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perubungan kembali menggelar program Mudik Gratis pada Lebaran Idulfitri 2024/1445 Hijriah.

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, 259 armada bus disediakan bagi masyarakat untuk program mudik gratis. Bus tersebut akan melayani perjalanan mudik ke 19 kota/kabupaten di enam provinsi di Indonesia. 

“Untuk armada bus ada 259 unit khusus yang arus mudik. Terdapat 19 kota/kabupaten yang menjadi tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi,” ujar Syafrin dalam keterangannya pada Rabu, 6 Maret 2024.

Dishub DKI juga menyediakan 13 truk untuk arus mudik dan 10 unit untuk arus balik. Truk ini digunakan untuk mengangkut motor pemudik.

Saat ini, Dishub DKI tengah memilih penyedia jasa transportasi. Rencananya mudik gratis 2024 akan dilaksanakan pada 4 April 2024. 

“Pada tanggal 3 April itu pemberangkatan truk pengangkut sepeda motor dan 4 April untuk pemberangkatan bus pengangkut penumpang,” ungkapnya.sinpo

Komentar: