Menhub Cek Angkutan dan Infrastruktur Jelang Arus Mudik Lebaran 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 11 Maret 2024 | 11:15 WIB
Menhub Budi Karya cek kesiapan angkutan dan infrastruktur Lebaran 2024. (foto Kemenhub)
Menhub Budi Karya cek kesiapan angkutan dan infrastruktur Lebaran 2024. (foto Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan infrastruktur transportasi dalam rangka menghadapi arus mudik Lebaran 2024 di beberapa lokasi di Jawa Barat, pada Sabtu 9 Maret 2024. 

Sejumlah infrastruktur yang ditinjau yakni Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Tol Cisumdawu dan Tol Cipali, serta Stasiun KA Cirebon. Menurut Budi Karya, dirinya ingin memastikan bilamana infrastruktur dan pelayanan di semua moda transportasi sudah siap menghadapi arus mudik lebaran.

“Saya ingin memastikan infrastruktur dan pelayanan di semua moda transportasi telah siap untuk menghadapi pergerakan masyarakat pada arus mudik Lebaran nanti,” ujar Budi Karya sebagaimana dilihat dari laman resmi Kemenhub, Senin 11 Maret 2024.

Menhub menekankan sangat pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam pelaksanaan arus mudik. Sebab, untuk memastikan kelancaran arus mudik, perlu koordinasi dan kolaborasi mulai dari Kemenhub, Korlantas Polri, Pemerintah Daerah, Jasa Marga, Angkasa Pura, PT KAI, dan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait lainnya.

Lebih lanjut, Menhub mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik agar mempersiapkan diri dengan baik, dan jika memungkinkan melakukan mudik lebih awal.

“Instruksi Presiden, mudik harus lancar, aman, dan nyaman. Karenanya perlu kolaborasi dengan berbagai pihak, meskipun dalam hal ini Kemenhub jadi leading sector-nya. Dan sejauh ini, kolaborasi kami berjalan baik dengan stakeholder terkait,” terang Menhub.

Dalam kesempatan peninjauan tersebut, Budi juga bersama dengan Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR Triono Junoasmono, serta perwakilan Jasa Marga, Angkasa Pura II, dan PT KAI.sinpo

Komentar: