Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut: Ini yang Namanya Hilirisasi

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 14 Maret 2024 | 17:04 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/Youtube setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/Youtube setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis, 14 Maret 2024.

Jokowi menyebut, pembangunan pabrik minyak makan merah ini bertujuan untuk menciptakan nilai tambah dari komoditas kelapa sawit yang diekspor Indonesia.

"Yang saya senang, pertama harga minyak makan merah ini lebih murah dari minyak goreng di pasaran. Artinya barang ini bisa bersaing di pasaran. Bisa bersaing karena harganya kompetitif," ungkap Jokowi saat peresmian.

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit. Dimana sebanyak 40,5 persen atau 6,2 juta diantaranya milik petani. 

Selain itu, pabrik minyak makan merah ini sendiri memiliki kapasitas hingga 10 ton CPO setiap hari. Pabrik ini juga dapat menghasilkan 7 ton minyak makan merah.

"Bukan jumlah yang sedikit, jumlah yang banyak. Artinya harus memang banyak yang beli ada yang beli, sehingga kita harapkan ini sekali lagi memberi nilai tambah yang baik," terangnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, keberadaan pabrik ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi. Diharapkan pabrik minyak makan merah ini akan memberikan nilai tambah dan keuntungan bagi Indonesia.

"Ini yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO kalau bisa dijadikan barang jadi seperti ini, ini bagus sekali," tandasnya.sinpo

Komentar: