BMKG Minta Masyarakat Waspada Saat Mudik Lebaran 2024, Cuaca Ekstrem Berpotensi Masih Terjadi

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 | 23:28 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (SinPo.id/youtube)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (SinPo.id/youtube)

SinPo.id - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan cuaca ekstrem berpotensi masih akan berlangsung hingga mudik lebaran pada April 2024 mendatang.

"Mudik lebaran itu bulan April ya, semoga berkurang ya, tapi itu masih pancaroba, masih pancaroba, jadi bisa mendadak gitu lo, kalau musim hujan mulai lagi terus,” kata Dwikorita di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024.

Apalagi, lanjut Dwikora, kondisi tersebut ditambah dengan sudah masuknya musim pancaroba, di mana cuaca bisa berubah dengan sangat cepat.

“Kalau pancaroba itu paginya baik-baik aja gitu, eh tiba-tiba sore (hujan) deres gitu nah tapi itu kan bisa satu, ada peringatan dini jadi terus mohon memonitor aplikasi info BMKG," ujarnya.

Dwikorita menambahkan, sebenarnya masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan mudik lebaran dalam kondisi hujan. Hanya saja, untuk memastikan keamanan dan keselamatan, sebaiknya masyarakat yang akan mudik tetap memantau informasi BMKG yang bisa dipantau secara online.

"Yang penting monitor aplikasi info BMKG biar tahu nanti kami mudik lebaran ada jalur mudik, jadi setiap jalur mudik akan ketahuan yang kira-kira mau hujan, hujannya lebat atau tidak, itu akan tahu tiga jam sebelumnya,"paparnya.

"Jadi mau mudik itu punya planning, oh aku harus lewat jalur yang mana yang kira-kira awannya tidak banyak, itu bisa terdeteksi lewat mobile phone aplikasi info BMKG," tambahnya.

Berdasarkan data BMKG, cuaca ekstrem ini hampir merata di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, Dwikora kembali meminta masyarakat tetap waspada dan selalu memperhatikan informasi dari BMKG. 

"Pulau Jawa ya hampir semua kan, di Indonesia hampir semua itu," tandasnya.sinpo

Komentar: