Konflik Israel-Palestina

Truk-Truk Bantuan dari Mesir Tiba di Karem Shalom Lewat Israel

Oleh: VOA Indonesia
Jumat, 15 Maret 2024 | 09:56 WIB
Truk bantuan menuju Gaza (SinPo.id/VOA)
Truk bantuan menuju Gaza (SinPo.id/VOA)

SinPo.id - Truk-truk pembawa bantuan untuk Jalur Gaza yang dilanda perang bergerak di Kerem Shalom melintasi Mesir, Israel dan Gaza pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Setelah bantuan kemanusian yang sangat dibutuhkan tersebut diperiksa sebelum memasuki Jalur Gaza.

Israel berada di bawah tekanan yang meluas dari dunia internasional agar melonggarkan pembatasan untuk akses bantuan kemanusian yang memasuki Gaza, khususnya di bagian utara wilayah tersebut.

Hingga kini, konvoi truk bantuan memasuki Gaza dari ujung bagian selatan dan harus melewati kawasan perang dan kerumunan besar warga Palestina yang putus asa.

Pada hari Selasa, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan, Israel menggunakan kelaparan sebagai senjata perang dan menuduh Israel telah memblokir rute darat yang merupakan cara terbaik untuk mengirim bantuan makanan kepada ratusan ribu warga Palestina yang menghadapi bahaya kelaparan.

Amerika Serikat dan negara-negara lainnya telah mencari jalan keluar lain seperti menjatuhkan bantuan makanan dari udara dan membuat rute laut. Namun para pejabat bantuan mengatakan pengiriman lewat darat tetap merupakan cara yang paling efisien. sinpo

Komentar: