Mudik 2024

Polri Petakan Daerah Rawan Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024

Oleh: Mufit
Jumat, 15 Maret 2024 | 09:57 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

SinPo.id - Polri bakal gelar Operasi Ketupat 2024 di titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di beberapa daerah saat Mudik Lebaran 2024.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam), Komjen Pol Fadil Imran, mengatakan hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang hendak melakukan mudik tiba dengan selamat di kampung halaman masing-masing.

“Akan ada Operasi Ketupat, yang merupakan operasi khusus kepolisian dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan merayakan Hari Raya Idul," kata Fadli kepada wartawan, dikutip Jumat 15 Maret 2024.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan, pihaknya sudah memetakan daerah mana saja yang rawan kecelakaan dan tindak pidana kejahatan pada saat mudik Lebaran.

"Tentu sudah membuat perkiraan keadaan yang perlu diberikan pengamanan yang optimal baik terbuka dalam bentuk patroli, penjagaan, maupun tertutup dalam bentuk pengamanan tertutup lainnya,” terangnya.

Nantinya, tambah Fadil, par personel akan diterjunkan sesuai pemetaan yang disiapkan masing-masing Polda, baik itu patroli atau penjagaan tetap. 

"Mudah-mudahan arus mudik bisa berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya," tutupnya. 

Untuk diketahui, Korlantas Polri akan memberlakukan beberapa skema lalu lintas pada ruas Tol Trans Jawa selama mudik Lebaran 2024. 

Adapun skema yang akan diterapkan di antaranya contraflow, one way, dan ganjil-genap. Skema-skema tersebut mulai diterapkan pada 5 April 2024 mendatang.sinpo

Komentar: