Polisi Kerahkan 1.197 Personel Gabungan Kawal Demo di KPU dan Bawaslu

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 15 Maret 2024 | 14:34 WIB
Pengamanan unjuk rasa (SinPo.id/Humas Pmj)
Pengamanan unjuk rasa (SinPo.id/Humas Pmj)

SinPo.id - Polisi mengerahkan sebanyak 1.197 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah elemen masyarakat yang digelar di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI hari ini, Jumat, 15 Maret 2024. 

"Kami siagakan 1.197 personel gabungan untuk mengamankan jalannya aksi hari ini," ujar Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Anton Elfrinto Trisanto dalam keterangannya.

Menurut Anton, personel yang bertugas di lapangan dipastikan menggunakan pendekatan persuasif selama mengamankan jalannya aksi unjuk rasa tersebut. 

Dia pun mengimbau kepada massa aksi untuk tetap menjaga ketertiban dan kedamaian, agar kegiatan unjuk rasa menyampaikan pendapat ini berjalan kondusif. 

"Pengamanan telah dimulai sejak pagi. Kami menggunakan pola-pola persuasif, kami juga mempercayai bahwa teman-teman yang nanti akan melaksanakan aksi juga membawa suasana yang damai dan tertib, itu yang kami harapkan," tuturnya. 

Terkait rekayasa lalu lintas, Anton mengatakan bakal bersifat situasional. Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung Bawaslu dan KPU. 

"Kita akan mempersiapkan rekayasa lalu lintas. Namun, pengalihan arus lintas sifatnya situasional," kata Anton. sinpo

Komentar: