TIMNAS INDONESIA

Ernando Ari Mulai Kembali Berlatih di Persebaya Pasca Cedera

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 16 Maret 2024 | 03:47 WIB
Ernando Ari (Liga Indonesia Baru)
Ernando Ari (Liga Indonesia Baru)

SinPo.id -  Akhirnya nama kiper Ernando Ari Sutaryadi muncul di daftar susunan pemain pada pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24. Saat tim Persebaya Surabaya melawan Madura United FC yang berakhir imbang tanpa gol di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu 13 Maret 2024 lalu.

Menurut Pelatih kiper Persebaya Benyamin van Breukelen, kondisinya mulai membaik dan sudah mengikuti dua latihan terakhir. 

“Dia sudah kembali dan sudah dua kali ikut latihan sehingga di masuk dalam daftar pemain cadangan," ucapnya.

Ernando Ari mengalami cedera ketika berusaha mengantisipasi eksekusi tendangan bebas pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Matias Mier bulan lalu. Selain itu menurutnya dia membutuhkan istirahat, akibat terlalu seringnya bertanding baik di Persebaya maupun di Timnas Indonesia.

Kini dia akan terus memantau perkembangan kiper asal Semarang itu sampai ke arah positif. Meskipun akibat dari cedera bahu yang dialami membuatnya harus absen juga dalam dua pertandingan internasional bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil Nadeo Arga Winata (Borneo FC), Muhammad Riyandi (Persis Solo) dan Ady Satryo (PSIS Semarang).

“Memang dia cedera, jadi bagaimana saya mau memaksakan. Dia cedera dan butuh istirahat. Dia terlalu sering dimainkan saya rasa, karena terlalu banyak bermain,” kata Benyamin van Breukelen.

Sementara itu pelatih kepala Persebaya Paul Munster memastikan akan menurunkan kondisi Ernando Ari jika kondisinya sudah siap 100 persen. Dia merasa tidak khawatir karena tim memiliki penjaga gawang cukup mumpuni. Seperti Andhika Ramadhani yang telah menggantikan Ernando di beberapa laga terakhir. 

"Dia seorang penjaga gawang, posisinya yang spesifik dan harus 100 persen," kata pelatih asal Irlandia Utara itu.

"kompetisi untuk kiper sangat baik, antara kiper satu dengan yang lain karena tidak bisa bergantung pada satu kiper saja," tandasnya.

Sejak BRI Liga 1 2023/24 bergulir, Ernando Ari telah dimainkan sebanyak 18 kali dengan 35 save dan clearances sebanyak 4 kali.sinpo

Komentar: