PKS DKI Usulkan Pemilihan Langsung Walikota Jakarta

Oleh: Lydia
Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33 WIB
Ilustrasi pemilihan langsung (Foto/Freepik)
Ilustrasi pemilihan langsung (Foto/Freepik)

SinPo.id - Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin mengusulkan agar wali kota dan bupati dipilih langsung oleh rakyat setelah Ibu Kota berpindah ke IKN. Selain itu, Khoirudin juga mendorong untuk dibentuknya DPRD tingkat II atau DPRD Kabupaten/Kota di Jakarta.

Wakil Ketua DPRD DKI ini menilai, usulan tersebut dapat dipertimbangkan di dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) yang sedang digodok di DPR.

Pasalnya, lanjut Khoirudin, DPRD selama ini belum dapat bekerja secara optimal karena luas wilayah Jakarta yang terlalu luas.

"Memang masyarakat Jakarta ini jumlahnya sangat besar dibandingkan dengan masyarakat di daerah krusial lainnya, mereka perlu dilayani. Jumlah anggota dewan yang sedikit, jarang diantara kita yang menyambangi semua tempat," kata Khoirudin saat ditemui di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024.

Lebih lanjut, Khoirudin juga menilai bahwa walikota atau bupati yang ditunjuk langsung oleh rakyat dapat memahami kebutuhan warganya secara tepat.

"Kenapa perlu ada pemilihan walikota? Agar lebih zooming, lebih mikro wali kota mengetahui permasalahan tiap jangka wilayahnya dan bisa dimaksimalkan potensi PAD-nya (pendapatan asi daerah). Itu semua buat masyarakat agar masyarakat Jakarta dapat terlayani dengan baik," ujar Khoirudin. 

Ia pun mencontohkan Aceh dan Yogyakarta yang pernah menjadi Ibukota dan kini dapat menyelenggarakan pemilihan di tingkat kabupaten/kota.

"Kekhususan di Jakarta jangan sampai berbeda dengan kekhususan di Yogya, sama di Aceh, di mana di daerah yang saya sebut tadi mereka ada pemilihan langsung walikota, juga ada pemilihan langsung DPRD II," imbuhnya.sinpo

Komentar: