Mendag: Harga Cabai Naik karena Faktor Cuaca

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 17 Maret 2024 | 16:34 WIB
Mendag Zulkifli Hasan Berbelanja saat Kunjungan di ITC Mangga Dua. (Foto: SinPo.id/Ahda Bayhaqi).
Mendag Zulkifli Hasan Berbelanja saat Kunjungan di ITC Mangga Dua. (Foto: SinPo.id/Ahda Bayhaqi).

SinPo.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, harga cabai naik karena dipengaruhi musim dan cuaca. Karena apabila terjadi hujan terus menerus dan lebat bakal gagal panen. Sehingga suplai sedikit, permintaan meningkat, dan harga naik.

"Sehingga akan tergantung pada musim atau cuaca. Kalau hujannya terus menerus dan lebat, panennya gagal. Kalau panennya gagal, suplai sedikit, permintaan banyak, harga naik," kata Zulhas di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Minggu 17 Maret 2024.

Karena itu, Zulhas meminta Kementerian Pertanian untuk mengembangkan pertanian. Supaya cabai ditanam dengan sistem rumah kaca agar tidak terpengaruh cuaca.

"Oleh karena itu sekarang Kementerian Pertanian dan lain-lain memang harus mengembangkan pertanian, terutama cabai yang tidak menjadi terpengaruh dengan cuaca," kata ketua umum PAN ini.

Sementara itu, Zulhas menyebut harga telur ayam sudah menurun. Sementara, beras produksi lokal dipastikan harganya tidak naik lagi, meski belum turun.

"Tapi kalau carinya beras lokal, belum panen raya. Memang sudah enggak naik, tapi belum turun. Harganya masih tinggi," katanya.sinpo

Komentar: