Cek Situasi Perdagangan, Mendag Zulhas Sambangi ITC Mangga Dua

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 17 Maret 2024 | 15:09 WIB
Mendag Zulkifli Hasan Berbelanja saat Kunjungan di ITC Mangga Dua. (Foto: SinPo.id/Ahda Bayhaqi).
Mendag Zulkifli Hasan Berbelanja saat Kunjungan di ITC Mangga Dua. (Foto: SinPo.id/Ahda Bayhaqi).

SinPo.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kunjungan ke ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Minggu 17 Maret 2024. Mengenakan jaket vest berwarna biru, Zulhas berkeliling memantau aktivitas jual beli.

Kehadiran politikus yang akrab disapa Zulhas ini memicu riuh pedagang di kawasan ITC Mangga Dua. Baru masuk ke dalam gedung, Zulhas sudah dicegat oleh penjual aksesoris.

Di sana, ia membeli beberapa pernak pernik. Beberapa lembar rupiah berwarna merah ia keluarkan. Senang dan senyum sang penjual dibuatnya.

Kemudian, ia melanjutkan perjalanan. Selama perjalanan, berbagai macam penjual berteriak, meminta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu untuk datang ke lapaknya. Banyak juga yang meminta foto.

Sesekali Zulhas mendatangi dan bertanya-tanya kepada penjual. Sembari itu, Zulhas membeli apa yang dijual, mulai dari pakaian tidur, celana, sampai kemeja.

Tak sedikit uang yang dikeluarkan Zulhas, setiap kali datang ke lapak pedagang, ia selalu membeli minimal tiga barang. Totalnya beragam, ada yang Rp100.000 sampai Rp600.000.

Ada momen menarik ketika Zulhas mendatangi penjual batik. Ia diberikan diskon oleh penjual. Satu batiknya seharga Rp65.000, bila dibeli 3 lembar maka harganya Rp185.000.

Mendengar harganya, Zulhas langsung memborong 12 kemeja batik. Penjual yang senang langsung memberikan diskon dengan mematok harga Rp600.000 untuk 12 kemeja.

"Kalau gitu saya tambah lagi 12," kata Zulhas di lokasi.

24 lembar kemeja ditenteng olehnya. Kemudian, Zulhas melanjutkan ke lapak pedagang pakaian muslim. Di sana, Zulhas membeli 2 kodi sarung. Totalnya ia keluarkan uang Rp2 juta.

"2 juta penglaris-penglaris," katanya.

Setelah perjalanan mengelilingi lapak jualan, Zulhas membagi-bagikan apa yang ia beli kepada masyarakat. Tepatnya di depan pintu masuk ITC Mangga Dua. Ramai berebut mulai dari pengunjung, pedagang sampai pekerjaan di sana.

Zulhas pun menjelaskan alasannya melakukan kunjungan. Tujuannya untuk memperhatikan aktivitas jual beli saat hari libur. Apalagi di bulan Ramadhan, saat warga berbelanja untuk kebutuhan hari raya.

"Tapi kalau libur, kita ke grosir. Karena bagaimanapun Lebaran itu ketersediaan sandang pangan. Jadi ada pangan, tapi juga perlu pakaian. Dan di sini sudah ramai ya, tadi saya lihat ramai sekali. Dan harga-harganya juga ekonomis," kata Zulhas.

"Mudah-mudahan lebaran dan puasa kali ini bisa berlangsung dengan baik, aman, lancar dan masyarakatnya bahagia. Karena sembakonya ada. Pangan, sandang semuanya lengkap," pungkasnya.sinpo

Komentar: