Napak Tilas Sejarah Indonesia di Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 23 Maret 2024 | 05:46 WIB
Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

SinPo.id -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024. Pendaftaran akan dibuka pada 22 Maret sampai dengan 5 April 2024 melalui tautan bit.ly/PendaftaranMBJR2024.

Sejarah gemilang rempah-rempah di Nusantara bukan hanya menyimpan kenangan perdagangan global yang megah, tetapi juga menciptakan kekayaan budaya yang mendalam. 

Jalur Rempah yang terbentuk melalui jalur-jalur pelayaran telah menimbulkan keterhubungan atau konektivitas budaya, baik di dalam wilayah Nusantara maupun dengan kawasan-kawasan lain dalam skala global.

Pelayaran melewati titik-titik yang mengandung sejarah perdagangan dan budaya penting menjadi simbol keterhubungan daerah dan konektivitas historis melalui Jalur Rempah. 

Muhibah Budaya dapat dijadikan wahana untuk mengaktifkan kembali jalur ini, menghubungkan titik-titik rempah dan mempererat ikatan budaya antarwilayah.

Mengangkat tema "Jalur Rempah dalam Konteks Konektivitas Budaya Melayu", Muhibah Budaya tahun 2024 akan menjelajahi kearifan lokal di 7 kota bersama KRI Dewaruci & 75 Laskar Rempah terpilih.

Mari melihat kekayaan alam Indonesia, mengenal ragam suku dan akulturasi budaya, menelusuri sejarah dan kejayaan maritim. 

Untuk dapat mengetahui informasi pendaftaran, maka anda dapat membuka bit.ly/PetunjukTeknisMBJR2024.sinpo

Komentar: