Visiku Gandeng Unpam Gelar Webinar Bisnis Untuk Mahasiswa

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 29 Maret 2024 | 17:30 WIB
Webinar Bisnis Visiku dan Unpam (Sinpo.id/Visiku)
Webinar Bisnis Visiku dan Unpam (Sinpo.id/Visiku)

SinPo.id -  Visiku berkolaborasi dengan Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan workshop bertema kewirausahaan, secara daring yang dihadiri lebih dari 400 peserta dari berbagai kalangan diantaranya mahasiswa, dosen dan para pelaku usaha UMKM.

Manajemen Visiku, Aris Kurniawan selaku keynote speaker menjabarkan tujuannya memberikan motivasi kepada mahasiswa.

Menurutnya, para mahasiswa penting memiliki jiwa wirausaha sekaligus memberikan pengetahuan tentang apa itu Visiku, sebagai platform Securities Crowdfunding (SCF).

"SCF dapat dijadikan sebagai alternatif permodalan bagi pelaku UMKM untuk menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan efek bersifat Ekuitas dan efek bersifat Utang (Saham, Sukuk, Obligasi)," kata Aris saat menjabarkan materinya, Jumat, 29 Maret 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Coach juga menyampaikan materi tentang pentingnya manajemen waktu untuk memulai sebuah usaha.

"Seorang entrepreneur sejati adalah pelaku bukan pemimpi. Maka dari itu penting untuk memulai tindakan sekarang daripada menunda, termasuk bergabung dengan komunitas yang sesuai," kata Coach Faran.

Ia juga menggaris bawahi bahwa bisnis harus dimulai dari permintaan, karena pasti akan ada minat dari konsumen. Tak perlu mempedulikan adanya persaingan, karena konsumen punya pilihan masing-masing.

"Persaingan adalah hal yang positif, karena menandakan adanya pasar yang siap membeli," jelas Coach Faran.

Sebagai informasi, Visiku saat ini fokus membangun komunitas dengan kampus-kampus mengingat civitas akademik merupakan komunitas yang prospek sebagai pemodal. Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), ada sekitar 11,5 juta investor individual di pasar modal Indonesia per Agustus 2023.

Sebanyak 57,04 persen di antaranya berusia 30 tahun ke bawah, dan 23,27 persen berusia antara 31-40 tahun.

Hal ini menunjukkan investor pasar modal Nasional didominasi kelompok generasi Z dan milenial. Hal ini tentunya sejalan dengan Visiku sebagai platform layanan urun dana untuk UMKM dimana para pemodal dapat berinvestasi dengan modal yang sangat terbatas yaitu mulai 200 ribuan.

Kegiatan workshop ini mendapatkan antusias yang tinggi terlihat dari interaksi tanya jawab dari para peserta dengan narasumber.

Dalam kegiatan ini lebih dari 300 orang peserta mendaftar pada platform Visiku sebagai Pemodal. sinpo

Komentar: