LRT Jabodebek

LRT Jabodebek Tetap Operasikan 308 Perjalanan di Bulan April

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 | 09:13 WIB
LRT Jakarta (SinPo.id/LRT)
LRT Jakarta (SinPo.id/LRT)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan tetap mengoperasikan sebanyak 308 perjalanan light railway transit (LRT) Jabodebek pada hari kerja atau weekday pada April 2024.

Angka itu tidak berubah dibadingkan jumlah perjalanan saat weekday pada Maret ini, meski mencatatkan kenaikan jumlah penumpang dari bulan sebelumnya.

“Berdasarkan evaluasi kami, tren rata-rata harian pengguna pada bulan Maret terus meningkat setiap harinya," ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono dalam siaran resminya, dikutip Minggu, 30 Maret 2024.

Hingga 29 Maret kemarin, KAl mencatat ada sebanyak 1.339.810 pengguna LRT Jabodebek. Angka ini meningkat 6 persen jika dibandingkan bulan Februari, yang tercatat sebanyak 1.261.111 pengguna.

Selain itu,rata-rata harian pengguna juga meningkat sekitar 18 persen menjadi 60,9 ribu pengguna dari bulan sebelumnya yang hanya 58 ribu pengguna.

Dengan mengoperasikan 308 perjalanan saat weekday, jarak antar kereta (headway) berada di sekitar 12,5 menit pada lintas Jati Mulya/Harjamukti - Cawang, dan 6 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas. 

Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional, peak headway akan tetap 12,5 menit dan of peak headway akan menjadi 19,5 menit. Untuk perjalanan pada akhir pekan (weekend), KAI juga tetap menjadwalkan sebanyak 260 perjalanan.

Sejatinya, pada Maret lalu, KAI resmi menambah 44 perjalanan LRT Jabodebek pada weekday menjadi dari bulan  sebelumnya yang hanya sebanyak 264 perjalanan menjadi 308. Kenaikan itu seiring dengan jumlah pengguna yang diklaim terus meningkat.

“Kami ingin melihat seperti apa pertumbuhan jumlah pengguna jika pola operasi yang diterapkan lebih konsisten dan panjang," ujar Mahendro.

Mesi begitu, KAI berhadap dengan pertumbuhan penggunan pada bulan ini pendorong bagi pertumbuhan lebih lanjut dalam penggunaan transportasi massal yang efisien dan ramah lingkungan di wilayah Jabodebek.sinpo

Komentar: