MUDIK LEBARAN 2024

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek-Cipali

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 02 April 2024 | 17:32 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso (SinPo.id/ Humas Polri)
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mempersiapkan Operasi Ketupat 2024 untuk mengawal arus mudik-balik Lebaran. Korlantas bakal mengantisipasi bottleneck di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan, penyempitan ruas tol akan terjadi mulai di KM 46 Tol Japek hingga masuk Tol Cipali. Dari awal 5 ruas di Tol Japek menjadi 2 ruas tol di Tol Cipali.

"Untuk di Jalur Tol Jakarta-Cikampek itu kalau kita masuk dari awal, Halim itu ada 3 lajur. Kemudian sampai di MBZ, di KM 13 itu nambah 2 lajur di atas, 3 lajur di bawah,” kata Slamet dalam keterangannya Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 2 April 2024.

"Kemudian di KM 46 itu turun menjadi 4 lajur, dari 5, 3 di bawah 2 di atas, kemudian turun menjadi 4 lajur,” sambungnya. 

Slamet mengatakan, lajur tol tersebut mengalami gradasi. Dari 5 lajur menjadi 4 lajur di KM 46, lalu menjadi 3 lajur hingga KM 98, lalu masuk ke Tol Cipali menjadi 2 lajur tol.

Oleh karenanya, kata Slamet, Polri akan mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan. Karena itu menjadi titik krusial pada saat periode mudik Lebaran.

“Itu yang perlu kita antisipasi sehingga perlu rekayasa lalu lintas dalam penanganannya untuk menyetarakan gradasi-gradasi lajur tadi. Demikian juga nanti sampai di wilayah Jawa Tengah,” ungkap dia. sinpo

Komentar: