MUDIK LEBARAN 2024

Menhub Minta KAI Waspadai Longsor Akibat Cuaca Buruk

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 07 April 2024 | 18:32 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi. (SinPo.id/ Dok. Kemenhub)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk mewaspadai potensi longsor dampak dari cuaca buruk, saat mengangkut masyarakat yang mudik Lebaran 2024.

"Antisipasi cuaca ini penting karena cuaca belakangan mengakibatkan longsor di beberapa tempat. Perlu jadi perhatian terutama dari Garut, Tasikmalaya sampai Purwokerto," kata Budi dalam keterangannya, Minggu, 7 April 2024.

Karena itu, Budi meminta PT KAI melakukan pengecekan di setiap jalur kereta api. Hal ini penting untuk memastikan keselamatan masyarakat yang mudik  Lebaran .

"Tim lapangan tolong disiapkan dan dicek apakah mereka sudah siap jika menghadapi kondisi cuaca tertentu," kata Budi.

Budi juga mengimbau agar posko pemudik yang sudah dibentuk berfungsi dengan maksimal. Kemudian, pentingnya melakukan ramp check yang menyeluruh.

"Ramp check itu bukan hanya berkaitan dengan keretanya saja, tapi juga prasarananya. Prasarana harus dicek juga karena kadang-kadang kita lalai untuk mengeceknya," ujar Budi.

Sebelumnya, terjadi longsor di Jalan Tol Ciawi Sukabumi (Bocimi) Km 64 arah Sukabumi pada Rabu, 3 April 2024. Longsor diduga terjadi karena gerusan air akibat curah hujan yang lebat di sekitar lokasi.sinpo

Komentar: