MUDIK LEBARAN 2024

BPH Migas Sebut Pasokan BBM di Jawa Timur Mencukupi

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 09 April 2024 | 13:32 WIB
Pengecekan ketersediaan BBM di Jawa Timur (SinPo.id/ Humas BPH Migas)
Pengecekan ketersediaan BBM di Jawa Timur (SinPo.id/ Humas BPH Migas)

SinPo.id - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) mencukupi untuk masyarakat. Untuk memastikan hal ini, Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas mengunjungi langsung Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan Jombang, Jawa Timur.

Mulanya Wahyudi mendatangi Sidoarjo dan Surabaya. Ia menyampaikan pasokan BBM di Jawa Timur, dalam kondisi aman dan lancar saat periode puncak arus mudik.

“Dalam kesempatan monitoring pada periode mudik lebaran Idulfitri 1445 H hari ini, kaitannya untuk memastikan stok BBM tercukupi. Hal ini dapat kita lihat dari alat digitalisasi stok di tanki timbun per SPBU rata-rata 80%, dan kemudian komitmen Badan Usaha Penugasan Pertamina Patra Niaga, alhamudlillah begitu mencapai 30% bisa dikirim Delivery Order (DO) baru sehingga tidak akan terjadi kekurangan stok, maupun juga potensi antrian,” ujar Wahyudi dalam keterangannya, Selasa, 9 April 2024.

Selain pasokan BBM, Wahyudi juga memperhatikan mengenai ketepatan penyaluran BBM. Ia mengecek pengujian konsistensi alat ukur (Tera Internal), yang bertujuan untuk memastikan setiap SPBU menerapkan prosedur yang berlaku.

“Selain itu, kita tadi juga lakukan cek kandungan air dalam tanki timbun, sebagai edukasi bersama untuk memastikan di dalam tanki timbun BBM di SPBU apakah memiliki kadar air atau tidak. Hasilnya dari sampling Pertalite dan Bio Solar menunjukan clean tidak ada kontaminasi air sama sekali” tuturnya.

Kemudian Wahyudi mengunjungi Gresik dan Jombang. Ia mengapresiasi kesiapan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 2024 Pertamina Patra Niaga Marketing Operation Region (MOR) V dalam mendukung terpenuhinya kebutuhan BBM masyarakat dan program fasilitas penunjang lainnya yang disediakan di SPBU rest area sepanjang tol Jawa Timur.

“Selain itu di SPBU Rest Area juga terdapat Serambi MyPertamina yang memiliki fasilitas, seperti tempat untuk istirahat, cek kesehatan gratis dan hiburan bermain anak. Ini juga merupakan bagian dari  layanan pada masyarakat untuk rehat sejenak dalam perjalan mudik lebaran kali ini,” kata dia. 

Sementara itu, Sales Area Manager (SAM) Retail Surabaya Pertamina Patra Niaga M. Ivan Syuhada menyampaikan bahwa Pertamina Patra Niaga MOR V mendukung pemerintah untuk memastikan pasokan energi selama lebaran Idul Fitri 2024 berjalan dengan lancar.

“Dalam memberikan kenyamanan dalam bermudik, kami dari Pertamina Patra Niaga MOR V telah menyiapkan kurang lebih 200 mobil tanki yang siap melayani kebutuhan akan BBM di seluruh wilayah Jawa Timur. Kami juga menyiapkan lebih dari 200 SPBU Kios modular yang tersebar di beberapa titik di sepanjang Jawa Timur, dan juga 80 motoris. Satgas Rafi juga siap sedia 24 jam,” kata Ivan.
 sinpo

Komentar: