Pengamanan Selama Mudik Lebaran Selesai, Berikut Catatan Evaluasi Korlantas Polri

Laporan: Firdausi
Sabtu, 20 April 2024 | 23:52 WIB
Arus Mudik lebaran (SinPo.id/Jasa Marga)
Arus Mudik lebaran (SinPo.id/Jasa Marga)

SinPo.id - Arus mudik dan balik lebaran Idulfitri telah selesai. Dengan berakhirnya, maka pengamanan arus lalu lintas arus balik dan mudik telah ditiadakan. 

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan, ada beberapa catatan evaluasi pihaknya selama momen arus mudik dan balik. 

Salah satu catatan evaluasi yaitu, selama mudik dan arus balik, pihaknya telah menerapkan sebanyak 27 kali contraflow dan 217 one way. 

Penerapan ini dilakukan khusus one way, dilakukan sebanyak 197 kali di jalan arteri dan 20 kali di jalan tol. 

"Contraflow ada 27 kali kita lakukan di Tol Jakarta-Cikampek dan di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) one way sendiri kita lakukan 20 kali di jalan tol," kata Irjen Pol Aan kepada wartawan dikutip, Sabtu, 20 April 2024. 

Irjen Aan juga mengungkapkan, pihaknya juga telah menerapkan sebanyak 40 kali rekayasa lalin delaying system di Jalan Tol Jakarta-Merak. 

Hal ini diterapkan, karena volume kendaraan sangat meningkat. Atas itulah, pihaknya menerapkan aturan tersebut. 

"Volume lalin naik, kita melakukan 40 kali delaying system, mulai dari Km 13 sampai dengan Km 68 di jalan tol," ujarnya. 

Meski begitu, diakun jenderal bintang dua ini, bahwa delaying system yang dilakukan tersebut belum optimal mengurangi penumpukan kendaraan masyarakat di jalur menuju Pelabuhan Merak. 

Karena itu, pihaknya akan melakukan evaluasi menadalam guna untuk mempersiapkan keamanan arus mudik dan balik ditahun 2025 mendatang. 

"Ini juga menjadi catatan kami, perlu kita perbaiki pada saat pelayanan arus mudik dan balik tahun 2025. Kita akan terus evalusi," tutupnya. sinpo

Komentar: