Denmark Ingin Pengadilan Bubarkan Klub Sepeda Motor Bandidos

Oleh: VOA INDONESIA
Kamis, 11 April 2024 | 07:03 WIB
Denmark (Study in Denmark)
Denmark (Study in Denmark)

SinPo.id -  Pemerintah Denmark pada Rabu 10 April 2024 mengatakan pihaknya menginginkan pengadilan membubarkan cabang klub motor Bandidos di Denmark.

Menteri Kehakiman Peter Hummelgaard mengatakan “perilaku brutal kelompok tersebut meninggalkan jejak berdarah.”

Berdasarkan Konstitusi Denmark, organisasi yang mendorong atau menghasut kekerasan dapat dibubarkan atas perintah pengadilan.

Bandidos MC cabang Denmark dibentuk pada tahun 1993. Tiga tahun kemudian, perseteruan antara mereka dan rivalnya Hells Angels pecah di Norwegia, Swedia, Finlandia dan Denmark, dan berakhir dengan 11 orang tewas dan hampir 100 orang terluka.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa anggota Bandidos di Denmark telah dipenjara karena pembunuhan, percobaan pembunuhan, penyerangan dan kejahatan terkait narkoba.

BACA JUGA:

Puluhan Pengendara Motor Didakwa Atas Insiden Adu Tembak di Texas

Pengacara yang mewakili Bandidos, Michael Juul Eriksen, mengatakan kepada stasiun televisi TV 2 bahwa dia tidak terkejut dengan tindakan tersebut setelah pemerintah mengatakan pada bulan Juni bahwa unit polisi khusus sedang mempertimbangkan untuk membubarkan kelompok tersebut.

“Kebebasan berserikat tidak diciptakan untuk melindungi kriminal jahat,” kata Hummelgaard, seraya menambahkan bahwa geng terorganisir lainnya di Denmark juga bisa menghadapi pembubaran. "Saya ingin semuanya dilarang jika memungkinkan secara hukum," katanya pada konferensi pers.

Pada bulan September 2018, polisi Denmark mengeluarkan larangan sementara nasional terhadap kelompok kriminal terorganisir Loyal to Familia. Pada tahun 2021, Mahkamah Agung Denmark menyetujui kesimpulan pengadilan yang lebih rendah bahwa kelompok tersebut merupakan ancaman terhadap ketertiban umum, dan kini kelompok tersebut telah dibubarkan. [ab/uh]sinpo

Komentar: