MUDIK LEBARAN 2024

Arus Balik di Bakauheni Lancar, Menhub Apresiasi Kapolda Lampung

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 14 April 2024 | 23:48 WIB
Jumpa Pers di Pelabuhan Bakauheni
Jumpa Pers di Pelabuhan Bakauheni

SinPo.id - Situasi arus lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Minggu 14 April siang atau H+4 Lebaran 1445 H terpantau lancar. Belum terlihat penumpukan kendaraan bermotor masuk kapal. Kondisi arus lalu lintas serupa juga terlihat di   jalan arteri maupun tol menuju Bakauheni.

Upaya menjaga arus lalu lintas tetap normal di periode mudik-balik Lebaran 2024 ini dinilai merupakan keberhasilan Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika. Polda Lampung menyiapkan skema merah-kuning-hijau untuk penanganan arus balik mudik Lebaran 2024. Skema tersebut dilakukan di area Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. 

"Saya mengapresiasi Kapolda (Lampung,-red) sudah mempunyai suatu mekanisme atau SOP," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sesi jumpa pers di Pelabuhan Bakauheni pada Minggu 14 April 2024

Dia menilai perencanaan mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran 2024 yang dibuat Kapolda Lampung ini lebih baik dibandingkan penanganan di Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran 2024.

Di periode arus mudik Lebaran 2024, terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten. Menurut RI 1 perlu penanganan yang lebih fokus untuk arus mudik di Merak.

"Perencanaan (Pelabuhan Bakauheni,-red) ini jauh lebih bagus dari di (Pelabuhan,-red) Merak," ujarnya

Hal serupa juga disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Aan Suhanan.

Irjen Aan Suhanan mengapresiasi upaya dari stakeholder terkait termasuk jajaran Polda Lampung yang menerapkan skema untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di Pelabuhan Bakauheni.

Sejauh ini, dia menilai, belum terjadi kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor. "Sehingga dampak ke jalan tol dan arteri masih hijau," kata dia.

Meskipun situasi arus lalu lintas masih normal, namun, dia meminta kepada pemudik supaya tidak larut dalam euforia. Dia mengimbau agar mengemudikan mobil sesuai batas kecepatan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Kami mengimbau situasi jalan lancar dari Sumatera Selatan dari Merak ke Jakarta. Ini lancar. Pemudik yang pulang tetap menjaga stamina jangan euforia. Tetap kendalikan kecepatan sehingga selamat," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, memastikan situasi arus lalu lintas dari lintas tengah, lintas barat dan timur Sumatera menuju ke Pelabuhan Bakauheni lancar. 

Hal ini tak lepas dari strategi menerapkan skema merah-kuning-hijau untuk menyambut arus balik Lebaran.

"Walaupun nvolume meningkat tp sampai saat ini situasi aman terkendali," kata dia. 

Skema merah-kuning-hijau adalah skema pengaturan arus lalu lintas.
Pertama, skema hijau untuk saat antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni ramai lancar hingga 1 km dari gerbang pelabuhan.  Tidak ada penanganan khusus pada kondisi tersebut.

Sementara skema kuning, saat antrean kendaraan lebih dari 1 km hingga 4 km dari gerbang pelabuhan. Saat kondisi tersebut, buffer zone terdekat  dengan pelabuhan akan diterapkan sebagai delayed system.

Sedangkan, skema merah, yakni saat antrean kendaraan lebih dari 4 km dari pintu gerbang pelabuhan. Saat itu, jelas dia, semua buffer zone akan digunakan secara bersamaan.
Sistem buffer zone itu disiapkan Polda Lampung untuk dua jalur berbeda, yakni di jalan tol dan jalur lintas Sumatera. Di jalan tol, terletak di rest area di Km 20 B, Km 33 B, Km 49 B, dan Km 87 B.
Sedangkan di jalan lintas Sumatera, terletak di Terminal Agribisnis Gayam, Kantor Lama Balai Karantina Pertanian, Jembatan Timbang Way Urang, Rumah Makan Gunung Jati, dan Rumah Makan Tiga Saudara.

"Khusus di Bakauheni, kami tetapkan kategori hijau-kuning-merah. Saat ini (arus lalu lintas,-red) masih hijau. Kami akan pertahankan terus," ujarnya.

Dia optimistis dengan kerjasama baik antara Polda Lampung dengan stakeholder terkait akan membuat situasi arus balik di Pelabuhan Bakauheni aman dan terkendali.

"Ucapan terima kasih kepada masyarakat yang akan kembali meninggalkan Sumatera, tetap sabar.
Mudah-mudahan sampai selesai (arus mudik-balik Lebaran 2024,-red) kita bisa kembali ke kediaman masing-masing aman dan lancar," tambahnya

Untuk diketahui, dua pelabuhan di Lampung disiapkan memfasilitasi para pemudik di arus balik Lebaran 2024. Dua pelabuhan tersebut, yaitu Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang. sinpo

Komentar: