INVESTASI APPLE DI INDONESIA

Jokowi Tunjuk Luhut Kawal Investasi Apple di IKN

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 17 April 2024 | 17:26 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (SinPo.id/ Dok. Kemenko Marves)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (SinPo.id/ Dok. Kemenko Marves)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo menunujuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai koordinator mengawal investasi Apple untuk pengembangan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jl Medan Merdeka Utara, Rabu, 17 April 2024. Presiden Jokowi, sebelumnya, menggelar pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook. Hasilnya, Apple disebut bermain  untuk berinvestasi di Indonesia.

"Teknisnya (kesepakatan investasi Apple di IKN) di Kementerian. Nanti, bapak Presiden menugaskan Pak Luhut sebagai Koordinator," kata Agus. 

Agus menjelaskan, saat ini  investasi dalam bentuk pembangunan Apple Developer Academy di empat kota,  nilainya mencapai Rp1,8 Triliun. 

Namun, pemerintah Indonesia meminta Apple untuk mempertimbangkan pembangunan pabrik manufaktur dan menggunakan komponen lokal dalam produksi mereka untuk memenuhi persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Menurut Agus, Indonesia merupakan pasar penting bagi Apple dan memiliki potensi untuk meningkatkan kapasitas produksi lokal. 

"Berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi basisnya adalah investasi," tuturnya.

Kendati iPhone masih diimpor utuh ke Indonesia, Apple telah memenuhi regulasi TKDN dengan menggunakan skema investasi yang digunakan untuk membangun Apple Developer Academy. Hal ini memungkinkan mereka tetap bisa menjual iPhone di Indonesia.

Sementara itu Menkominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan, Presiden Jokowi meminta langsung Apple berinvestasi di IKN. 

"Pak Presiden juga sudah minta agar Apple ikut berpartisipasi dalam investasi membangun smart city di IKN. Tadi diminta kepada Tim Cook," kata Budi.sinpo

Komentar: