Menlu China Temui Jokowi dan Prabowo

Oleh: VOA INDONESIA
Jumat, 19 April 2024 | 01:01 WIB
Prabowo Subianto dan Menlu China
Prabowo Subianto dan Menlu China

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto, Kamis 18 April 2024, sewaktu Beijing berupaya meningkatkan pengaruh regionalnya.

Pertemuan tersebut terjadi setelah Prabowo mengunjungi Beijing bulan ini di mana Presiden China Xi Jinping memuji hubungan dengan Jakarta, dan memaparkan visi perdamaian regional ketika ketegangan meningkat antara Beijing dan negara-negara tetangga di Asia Tenggara lainnya – termasuk Filipina -- mengenai sengketa Laut China Selatan.

Dalam pertemuan dengan Jokowi, menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wang membahas kemitraan ekonomi lebih lanjut, termasuk kemungkinan investasi di sektor transportasi di ibu kota baru negara dan industri petrokimia di Provinsi Kalimantan Utara.

Kebijakan luar negeri Indonesia biasanya netral dan Indonesia menghadapi ketegangan diplomatik dalam hubungan antara China dan AS, yang sedang kesal karena perdagangan, Ukraina, Timur Tengah, Taiwan, dan Laut China Selatan.

Perusahaan-perusahaan China telah menghabiskan banyak uang untuk mengekstraksi sumber daya alam Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya sektor nikel di mana pengeluaran Beijing telah memicu keresahan mengenai gaji dan kondisi kerja.

Indonesia meresmikan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara tahun lalu, yang juga merupakan proyek bernilai miliaran dolar yang didukung oleh Beijing. [ab/uh]
sinpo

Komentar: