Survei Indikator: 77, 2 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Jokowi

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 21 April 2024 | 17:42 WIB
Presiden Jokowi (SinPo.id/setpres)
Presiden Jokowi (SinPo.id/setpres)

SinPo.id - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang menemukan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di angka 77,2 persen.

Survei ini dilakukan pada 4-5 April 2024 dengan wawancara melalui sambungan telepon kepada 1.201 responden melalui metode Random Digit Dialing (RDD). Margin of error yang diterapkan sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95.

"Kalau kita lihat approval rating presiden by phone, data tren survei itu di survei terakhir kami, awal April, itu sekitar 77, 2 persen," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, dalam rilis survei secara virtual, Minggu, 21 April 2024.

Menurut Burhanuddin, angka 77,2 persen ini tidak bisa dianggap kecil di tengah isu ekonomi hingga politik yang mentargetkan presiden. 

Angka ini juga menandakan bahwa berpisah jalannya Presiden Jokowi dengan PDI Perjuangan, ternyata tidak mempengaruhi tingkat kepuasan kinerja presiden di mata rakyat.

"Lagi-lagi 77,2 persen ini bukan angka yang kecil ya di tengah banyak isu, mulai dari isu ekonomi, termasuk politik, karena berpisah jalannya antara PDIP dengan Jokowi approval Pak Jokowi masih di atas 77 persen," kata Burhanudin.

Burhanuddin menyampaikan, masyarakat yang puas terhadap kinerja Jokowi, karena gencarnya bantuan yang diterima rakyat kecil, masifnya pembangun infrastruktur, hingga dianggap merakyat.

"Yang menyatakan tidak puas, satu, harga pokok meningkat itu yang paling tinggi. Kurang mampu memimpin, kurang berpihak kepada rakyat kecil, bantuan tidak merata. Mungkin ini nggak dapat bansos ya," tandasnya.sinpo

Komentar:
BERITATERKINI