Erick Thohir Beri Sinyal Positif soal Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 22 April 2024 | 14:47 WIB
Pelatih Shin Tae-yong (STY). (SinPo.id/Dok. PSSI)
Pelatih Shin Tae-yong (STY). (SinPo.id/Dok. PSSI)

SinPo.id - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan sinyal positif akan memberikan perpanjangan kontrak kepada pelatih Shin Tae-yong (STY) setelah pelatih 53 tahun itu memenuhi target yang diberikan PSSI.

Kontrak STY sebelumnya berakhir pada Desember 2023 yang lalu. PSSI lalu memperpanjang kontrak jangka pendek STY selama enam bulan dengan target meloloskan dua timnas, timnas senior dan timnas U-23 ke babak gugur Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024 yang dua-duanya dimainkan di Qatar.

Timnas senior telah diantarkan STY ke babak 16 besar untuk pertama kalinya sepanjang sejarah pada awal tahun ini dan saat ini, syarat kedua yang menjadi indikator PSSI telah dipenuhi pelatih asal Korea Selatan itu setelah ia membawa Garuda Muda menembus perempat final Piala Asia U-23, setelah menaklukkan Yordania U-23 dengan skor meyakinkan 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Minggu, 21 April 2024.

Ketika disinggung tentang kontraknya di jumpa pers setelah laga, STY mengatakan "saya sedang memikirkannya (perpanjangan kontrak)".

Kini, setelah tuntas mengantarkan dua timnas ke babak gugur turnamen paling bergengsi se-Asia ini, Erick menunjukkan sinyal positif akan memperpanjang kontrak STY yang dikabarkan akan sampai 2027 mendatang.

"So coach (Shin Tae-yong) stay with us?," kata Erick di ruang ganti tim ketika ia melempar pertanyaan pada pemain Garuda Muda setelah lolos ke perempat final Piala Asia U-23, dilansir dari Instagram resminya, Senin.

Rizky Ridho dan kawan-kawan pun kompak menjawab “Yeah (setuju kontrak STY diperpanjang)” dan Erick merespon jawaban itu dengan memeluk STY.

STY tersenyum dan suasana di ruang ganti tim seketika tumpah ruah dengan teriakan "Shin Tae-yong, Shin Tae-yong".

 Patut Diapresiasi

Sementara itu, Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali mengatakan keberhasilan timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 merupakan momentum bersejarah dan para pemain, pelatih Shin Tae-yong (STY), dan PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir patut mendapatkan apresiasi.

"Sebuah prestasi besar yang patut diapresiasi. Ini hasil yang luar biasa, timnas U-23 dapat mengalahkan Yordania 4-1," ujar Akmal melalui keterangan resminya.

Akmal mengatakan timnas selalu bertekuk lutut saat menghadapi Yordania dalam beberapa pertemuan sebelumnya. Kondisi saat ini pun berbalik di mana penggawa Garuda Muda tampil digdaya dan mampu menguasai jalannya pertandingan dengan empat gol.

Gol-gol timnas pada laga itu disarangkan oleh oleh dua gol Marselino Ferdinan, satu gol Witan Suleamen, dan satu gol sundulan Komang Teguh. Sementara untuk Yordania, satu gol mereka dicetak oleh gol bunuh diri Justin Hubner.

"Ini merupakan sukses yang sangat luar biasa karena sebelumnya di lima pertemuan terakhir, Indonesia selalu kalah setiap bertemu dengan Yordania," ucap Akmal.

Akmal menyampaikan kolaborasi antara PSSI dan tim kepelatihan terbukti mampu membuat timnas menjadi lebih kuat. Ia juga mengatakan Rizky Ridho dan kawan-kawan terbukti mampu bangkit seusai kekalahan menyakitkan pada laga awal dengan skor 0-2 menghadapi tuan rumah, Qatar.

Akmal berharap timnas U-23 dapat tampil lepas saat menghadapi Korea Selatan atau Jepang di babak delapan besar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Jumat, 26 April 2024 pukul 00.30 WIB mendatang.

Akmal menyebut Garuda Muda memiliki potensi untuk kembali membuat kejutan dan menciptakan sejarah dengan lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Prancis, setelah terakhir kali menginjakkan kaki di pesta olahraga terbesar sedunia itu pada Olimpiade 1956 Melbourne, Australia.

"Untuk meraih tiket Olimpiade harus minimal peringkat tiga, bukan tugas mudah tapi dengan keyakinan diri para pemain, tidak ada yang tidak mungkin. Kita bisa lihat saat Piala Eropa 2006, siapa yang bisa prediksi Yunani jadi juara kalahkan tuan rumah Portugal," kata Akmal.sinpo

Komentar: