PHPU PILPRES 2024

PDIP Gelar Rakernas Tentukan Sikap Politik Partai Pasca Putusan MK pada Mei

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 23 April 2024 | 04:10 WIB
PDIP
PDIP

SinPo.id -  PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 24-26 Mei 2024 untuk merumuskan sikap politik nasional. Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan PDIP akan membahas sejumlah isu strategis.

"Bagaimana memitigasi berbagai persoalan ekonomi, pangan, energi, politik luar negeri akibat pertarungan geopolitik," ujarnya di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin 22 April 2024 malam.

Salah satu poin pembahasan adalah 
membahas mengenai sikap dan arah strategis partai termasuk keputusan apakah akan berada di luar atau dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Di sanalah PDIP akan bersidang, akan bermusyawarah melihat a, b, c, d, dinamika masa depan, akan memberi usulan ke Ketua Umum PDIP untuk kemudian di sana PDIP akan menentukan sikap politiknya akan berada atau di luar pemerintahan," kata Ketua DPP PDI Perjuangan, Ahmad Basarah.

Dia menambahkan Megawati Soekarnoputri mempunyai hak prerogatif selaku ketua umum partai. 

"Ibu Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum PDI Perjuangan, pemegang hak prerogatif kongkres, untuk kemudian di sanalah akan menentukan sikap politiknya, akan berada atau di luar pemerintah. Jadi apapun keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri kelak, maka seluruh kader PDI Perjuangan akan siap, berada maupun di luar pemerintahan. Karena kita dilatih, kita dididik sebagai seorang kader yang harus mampu hidup dalam segala cuaca dan dinamika politik nasional," pungkasnya.
 sinpo

Komentar: