Imbauan Prabowo Dinilai Bawa Pengaruh Stabilitas Keamanan Pasca Putusan MK

Laporan: Firdausi
Selasa, 23 April 2024 | 15:48 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/Gerindra)
Prabowo Subianto (SinPo.id/Gerindra)

SinPo.id - Pengamat Politik Citra Institute, Yusak Farchan mengapresiasi sikap kenegarawanan Prabowo Subianto yang menghimbau agar para pendukungnya tidak turun ke jalan saat putusan MK, Senin, 22 April 2024. 

"Kita apresiasi himbauan Pak Prabowo agar pendukungnya tidak demo di MK saya kira sangat tepat," kata Yusak kepada SinPo.id, Selasa, 23 April 2024. 

Yusak juga menilai, himbauan Prabowo Subianto itu juga berpengaruh besar terhadap keamanan pasca putusan MK. 

"Jadi himbauan pak prabowo juga berkontribusi atas proses persidangan di MK yang berjalan damai dan aman," ujarnya. 

Menurutnya, himbauan Prabowo agar para pendukungnya tidak turun ke jalan itu, juga bertujuan untuk mendinginkan suasana politik. 

Hal itu, kata Yusak, terbukti di persidangan putusan PHPU Pilpres 2024 di MK kemarin. Di mana tidak adanya gesekan terjadi saat MK membacakan putusan tersebut 

"Jadi himbauan Pak Prabowo tampak ingin mendinginkan suasana politik dan menyerahkan sepenuhnya putusan PHPU Pilpres 2024 kepada Hakim MK," ujarnya. 

"Dengan keluarnya putusan MK yang final dan mengikat, ke depan situasi politik nasional saya kira cenderung lebih stabil karena ada semangat bersama untuk melakukan rekonsiliasi politik pasca pilpres antar pasangan capres-cawapres," tandasnya.sinpo

Komentar: