Bawaslu Daerah Diminta Bersiap Awasi Pilkada Serentak 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 23 April 2024 | 16:33 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (SinPo.id/Bawaslu)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (SinPo.id/Bawaslu)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta jajarannya di daerah bersiap dengan tugas sisa Pemilu 2024 sekaligus mempersiapkan pengawasan Pemilihan (Pilkada) Serentak Tahun 2024. 

Dia berharap agar hasil kerja pengawasan Pilkada 2024 dapat lebih baik dari pemilu lalu dengan dimulai dari perekrutan pengawas ad hoc (sementara) yang berintergritas.

Bagja pun mengingatkan jajaran Bawaslu Provinsi dan Kabupaten atau Kota sebagai garda terdepan mengawasi pelaksanaan pilkada. 

"Kita harus berani mengkoreksi KPU apabila melakukan kesalahan. Kita sama-sama membangun demokrasi ini,” kata Bagja dalam keterangannya, Selasa, 23 April 2024.

Bagia menegaskan, perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) harus dapat berjalan secara profesional dan berintegritas.

"Kami perintahkan teman-teman untuk melakukan pengawasan seleksi PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Saya kira kita bisa bersama-sama menghadapi pilkada ini dengan gagah berani,” tuturnya. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Bawaslu mempunyai tekad tetap eksis dari Pemilu ke Pemilu dan Pilkada 2024. Hal ini bisa tercapai apabila evaluasi pengawasan Pemilu 2024 dilakukan secara berjenjang, mulai dari Bawaslu pusat hingga ke pengawas tingkat ad hoc.

"Bawaslu harus tetap eksis dengan permasalahan Pemilu yang telah berlangsung. Kita berharap Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota dapat melakukan kerja kelembagaan yang lebih baik untuk Pilkada 2024,” ujar Bagja. sinpo

Komentar: