Ribuan Warga Demonstrasi di Istanbul Jelang Keberangkatan Koalisi Freedom Flotilla

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 24 April 2024 | 04:36 WIB
demo (pixabay)
demo (pixabay)

SinPo.id -   Ribuan warga pro-Palestina berdemonstrasi di jalan-jalan pusat kota Istanbul hari Minggu 21 April 2024 menuntut Israel menghentikan perang di Jalur Gaza. Para demonstran meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina dan menyerukan pemberlakuan gencatan senjata segera.

Demonstrasi ini dimaksudkan untuk menggalang dukungan bagi Koalisi "Freedom Flotilla" yang akan berusaha menembus blokade Israel atas wilayah Palestina.

Sebuah koalisi organisasi internasional sedang bersiap-siap untuk berlayar dengan beberapa kapal menuju Gaza.

Tanggal pasti peluncurannya masih belum jelas, namun persiapan sedang dilakukan supaya dapat berangkat dalam waktu dekat ini.

BACA JUGA:

Erdogan Tuduh Barat Terapkan Standar Ganda

Armada ini dipelopori oleh Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki atau Turkey’s Humanitarian Relief Foundation IHH, bersama dengan para aktivis dan pekerja bantuan dari berbagai LSM internasional.

Ann Wright, pensiunan kolonel Angkatan Darat Amerika dan kini menjadi aktivis, mengatakan organisasi-organisasi bantuan menunjukkan solidaritas dalam protes-protes lokal dan akan bergabung dengan armada baru tersebut bersama 250 aktivis internasional dalam tiga kapal untuk "mendobrak blokade Israel yang ilegal."

Sementara Dan Kovalik, seorang pengacara Amerika dan aktivis hak asasi manusia, mengatakan jika militer Israel "mengganggu" kapal tersebut, maka hal itu akan menjadi kejahatan perang dan bahwa "pasukan pengacara" akan siap untuk membela armada yang direncanakan akan segera berangkat itu.

Koalisi Freedom Flotilla mengorganisir dua armada sebelumnya, pada tahun 2010 dan 2011. Pasukan Israel menyerbu flotilla pertama, yaitu kapal Turki Mavi Marmara, menewaskan sembilan orang di dalamnya. Insiden ini merusak hubungan Turki-Israel.sinpo

Komentar: