Indonesia-Singapura Optimis Lanjutkan Kerja Sama dalam Hubungan Ekonomi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 24 April 2024 | 19:18 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (SinPo.id/Dok. Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (SinPo.id/Dok. Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia dan Singapura optimis untuk terus melanjutkan kerja sama bilateral yang potensial dalam bidang ekonomi.

Adapun kerja sama yang dimaksud di antaranya, green energy terutama solar farm, carbon capture storage, pengembangan Batam – Bintan – Karimun, digital connectivity, dan data center. 

"Data center akan banyak dibangun di sekitar Ibu Kota Nusantara untuk mendukung pembangunannya yang mengusung konsep modern dan digitalized," kata Airlangga, dikutip Rabu 24 April 2024.

Selain itu, kedua negara juga akan menekankan salah satu kerja sama strategis, yakni pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talent di bidang digital, serta peningkatan kapasitas bidang healthcare. 

“Pemerintah Indonesia terus mendukung hubungan yang kuat dengan Singapura baik secara bilateral maupun dalam kerangka ASEAN untuk pertumbuhan ekonomi dan stabilitas kawasan,” ungkapnya.

Meski demikian, kata Airlangga, baik Indonesia maupun Singapura juga akan tetap mencermati dinamika geopolitik di Timur Tengah dalam konteks ekonomi.sinpo

Komentar: