IMPOR BAWANG MERAH

Zulhas Tegaskan Pemerintah Tak akan Impor Bawang Merah

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 25 April 2024 | 17:46 WIB
Mendag Zulkifli Hasan (SinPo.id/Antara)
Mendag Zulkifli Hasan (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas angkat bicara ihwal apakah pemerintah bakal ada opsi melakukan impor bawang merah di tengah kenaikan harga yang sedang terjadi saat ini. 

Zulhas menyebut pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah kendati saat ini sedang mengalami kenaikan harga.

"Bawang merah enggak ada impor. Nggak ada, nggak bisa, nggak boleh,” ujar Zulhas dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis, 25 April 2024.

Zulhas menilai, Indonesia masih mampu menanam bawang merahnya sendiri. Oleh karenanya, kondisi kenaikan harga bawang merah saat ini tak mempengaruhi pemerintah untuk melakukan kebijakan impor. 

"Bawang merah bisa kita tanam. Kalau ada masuk bawang merah dari luar (negeri), kita sikat,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Zulhas mengungkapkan, kenaikan harga bawang merah diakibatkan oleh banjir yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah. Insiden tersebut membuat pasokan bawang merah berkurang.

“Bawang kan banjir kemarin sebentar itu, ya, insidentil. Untuk minggu depan, mudah-mudahan sudah turun (harganya). Paling seminggu lagi sudah normal,” tutur Zulhas. 

Sebagai informasi, Berdasarkan panel harga pangan dari Bapanas pada Kamis, 25 April 2024, harga rata-rata nasional untuk bawang merah sebesar Rp53.500 per kilogram, sedangkan harga tertinggi mencapai Rp81.620 per kilogram di Papua Tengah dan terendah Rp35.990 per kilogram di Kepulauan Riau.sinpo

Komentar: