Piala Asia U-23

Jepang Melaju ke Semifinal Usai Kalahkan Qatar 4-2

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 26 April 2024 | 00:39 WIB
Jepang vs Qatar (SinPo.id/Bola)
Jepang vs Qatar (SinPo.id/Bola)

SinPo.id - Jepang berhasil mengandaskan perlawanan tuan rumah Qatar 4-2 di perempat final Piala Asia U-23 2024. Dengan begitu, Samurai Biru berhak melaju ke semifinal. Hasil ini juga semakin memperbesar peluang Jepang ke Olimpiade Paris 2024.

Pertandingan Jepang vs Qatar berlangsung di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis, 25 April 2024 waktu setempat. 

Jepang berhasil unggul cepat di menit ke-2. Penjaga gawang Qatar, Youssef Abdullah gagal mengantisipasi tembakan jarak jauh yang dilesakan Fuki Yamada. Bola bersarang di sudut kanan gawang.

Di menit ke ke-24, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Ahmed Al Rawi setelah menerima umpan silang Abdullah Al Yazidi dengan sundulan. Kiper Jepang Leo Kokubo gagal menghalau laju bola yang mengarah ke sudut kanan gawang.

Jepang mendapat keuntungan di menit ke-41 setelah kiper Youssef diusir wasit akibat adanya kontak dengan Mao Hosoya di depan kotak penalti. Youssef kedapatan menendang perut Hosoya saat melompat untuk menyundul bola. Skor imbang bertahan hingga babk pertama.

Di babak kedua, Qatar yang bermain dengan 10 orang justru berbalik unggul pada menit ke-49. Tendangan bebas Mostafa Meshaal disambut oleh sundulan Jassem Gaber yang sukses menaklukkan Kokubo.

Jepang berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 melalui sundulan Seiji Kimura. Sepak pojok yang dilesakan Rihito Yamamoto berhasil disundul ke sudut kiri gawang.

Di menit ke-101, Jepang kembali mencetak gol ketiga. Ryotaro Araki mengirim umpan terobosan kepada Hosoya yang kemudian melepaskan tembakan melewati celah kaki Ali untuk membobol gawang Qatar.

Jepang berhasil mempertegas kemenangan di menit ke-112. Gol keempat dicetak Kotaro Uchino. Tendangan kaki kanan Sota Kawasaki berhasil ditepis kiper Qatar Ali, namun bola liar dituntaskan Sota yang berdiri bebas di depan gawang. Skor 4-2 bertahan hingga usai.sinpo

Komentar: