Jokowi: Jika Ada Pemerintah Yang Tak Bersih, Laporkan Pada Saya

Laporan: Tisa
Senin, 09 Agustus 2021 | 13:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/BPMI
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/BPMI

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak mau mendengar lagi ada kesulitan yang dihadapi pengusaha. 

Bahkan Jokowi tak mau lagi mendengar soal adanya suap dalam proses perizinan investasi. Hal in menyusul diluncurkanya sistem online single submission (OSS) risk based approach (RBA) atau berbasis risiko di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), Senin (9/8).

"Saya tidak mau lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi para pengusaha. Saya tidak mau lagi mendengar ada suap," kata Jokowi.

Kata Jokowi proses perizinan berusaha harus dilakukan secara terbuka dan transparan. Sehingga memudahkan para pengusaha. 

"Semua harus dilakukan secara terbuka secara transparan dan memudahkan para pengusaha. Jika ada pemerintah yang tidak bersih ,yang mencoba-coba, laporkan pada saya," ucap dia.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan bahwa reformasi kemudahan layanan perizinan bertujuan untuk memberikan kemudahan berusaha bagi usaha mikro, kecil, menengah. 

Layanan sistem OSS berbasis risiko kata Jokowi juga mendorong transformasi sektor informal menjadi formal dan menciptakan banyak lapangan kerja.

"Ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan berusaha bagi usaha mikro usaha kecil menengah, mendorong lebih banyak wirausahaan baru, mempercepat transformasi sektor informal menjadi sektor formal dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," tandasnya. sinpo

Komentar: