Amerika Pecat Komandan AL Pascainsiden Kapal Selam Nuklir Tabrak Gunung

Oleh: Pandu Satya
Jumat, 05 November 2021 | 15:56 WIB
Ilustrasi. Kapal selam Amerika tabrak gunung di bawah laut/Net
Ilustrasi. Kapal selam Amerika tabrak gunung di bawah laut/Net

SinPo.id - Komandan Cameron Aljilani, perwira komandan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), pejabat eksekutif dan pelaut tamtama dipecat. Ketiganya dipecat usai kapal selam bertenaga nuklir menabrak gunung bawah air pada 2 Oktober.

“Penilaian yang baik, pengambilan keputusan yang bijaksana, dan kepatuhan terhadap prosedur yang diperlukan dalam perencanaan navigasi, pelaksanaan tim pengawas, dan manajemen risiko dapat mencegah insiden tersebut,” ucap Armada ke-7 yang berbasis di Pasifik barat, dalam pernyataan dikutip dari AFP, Kamis (4/11).

Angkatan Laut AS mengatakan, kecelakaan pada 2 Oktober lalu itu dapat dicegah. Komandan Cameron Aljilani dan dua orang lainnya dicopot dari posisinya menyusul penyelidikan atas kecelakaan di Laut China Selatan yang disengketakan itu.

Angkatan laut mengatakan penyelidikan menunjukkan bahwa kapal selam itu menabrak "gunung bawah laut" yang belum dipetakan saat berpatroli di bawah permukaan.

Kecelakaan tersebut menyebabkan 11 pelaut terluka. Menurut laporan, tabrakan tersebut telah merusak tangki pemberat kapal selam, tetapi pembangkit nuklirnya tidak rusak.sinpo

Komentar: