Andreas Hugo: Relawan Capres Itu Aset Politik, Punya Daya Elektoral Untuk Calon

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 11 November 2021 | 18:39 WIB
Politisi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira/Ist
Politisi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira/Ist

SinPo.id - Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira menyoroti fenomena relawan calon presiden 2024 (capres) yang muncul sejak dini. Menurutnya berdasarkan pengalaman, kehadiran relawan dapat meningkatkan elektoral partai politik (parpol). 

Andreas Hugo menilai, kehadiran relawan menjelang Pilpres 2024 dinilai perlu dikelola dengan baik sehingga efektif dalam proses pemenangan calon tertentu.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira dalam diskusi bertajuk "Fenomena Kemunculan Relawan Capres Sejak Dini: Siapa Punya Ambisi?" di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (11/11).

"Kalau Partai jelas ada struktur ada komandonya, tapi bagaimana fenomena relawan ini harus di-manage dengan baik," ujar Andreas.

Anggota komisi X DPR itu menyampaikan fenomena kemunculan relawan membuat politik itu menjadi meriah, sehingga dapat meningkatkan partisipasi serta mendongkrak elektabilitas dan juga pemenangan calon.

"Sehingga dari sudut pandang partai, kalau saya lihat dari pengalaman ini, relawan ini memang aset, kami melihat ini memang aset politik," tuturnya.

Andreas menerangkan alasan kehadiran relawan dalam memilih calon tertentu tidak perlu terlalu dipersoalkan, karena menurutnya semua itu merupakan aset yang apabila dirawat dengan baik akan menjadi kekuatan dan akumulasi politik.

"Kelompok-kelompok ini menjadi suatu akumulasi politik, yang menjadi daya dorong yang kuat untuk memenangkan siapa yang diusung oleh partai nanti," tutupnya.sinpo

Komentar: