Inggris Naikkan Ancaman Teror Ke Tingkat ?Parah? Pascaledakan Di Liverpool

Laporan: Samsudin
Rabu, 17 November 2021 | 09:54 WIB
Polisi memasang garis police line pascaledakan di Liverpool/net
Polisi memasang garis police line pascaledakan di Liverpool/net

SinPo.id - Tingkat ancaman teror Inggris dinaikkan dari "substansial" menjadi "parah" menyusul ledakan di luar rumah sakit Liverpool yang dinyatakan sebagai insiden teroris pada Senin (15/11).

Peningkatan tersebut, yang dikonfirmasi oleh Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel, berarti bahwa serangan lebih lanjut dinilai "sangat mungkin."

"Pusat Analisis Terorisme Gabungan kini menaikkan tingkat ancaman Inggris dari substansial menjadi parah," kata Patel kepada media lokal.

"Ada alasan untuk itu, dan alasannya adalah karena apa yang kita lihat kemarin merupakan insiden kedua dalam sebulan."

Tingkat "parah" adalah peringatan tertinggi kedua di Inggris, yang sistem peringatan ancaman terorisme lima tingkatnya terdiri dari "rendah, sedang, substansial, parah, dan kritis."

Ledakan di luar Rumah Sakit Wanita Liverpool pada Minggu (14/11) itu disebabkan oleh "penyalaan alat peledak" yang dibawa ke dalam kendaraan oleh seorang penumpang pria, kata Russ Jackson, kepala unit kontra-terorisme di barat laut Inggris.

Penumpang pria itu tewas dalam ledakan tersebut dan sopir taksi berhasil melarikan diri. Polisi yakin mereka mengetahui identitas penumpang, tetapi belum dapat mengonfirmasinya untuk saat ini. Motif dari insiden itu masih belum jelas.

Empat pria berusia 20 tahunan telah ditangkap berdasarkan Undang-Undang Terorisme.

Sopir taksi yang terluka, yang mengunci penumpang di dalam mobil selama insiden itu, dipuji sebagai pahlawan.

"Sang sopir taksi, dalam upaya heroiknya, berhasil mengalihkan apa yang bisa menjadi bencana yang benar-benar mengerikan di rumah sakit itu," kata Wali Kota Liverpool Joanne Anderson.sinpo

Komentar: