Dasco Apresiasi Gerak Cepat Polsek Setiabudi Tangkap Pelaku Kekerasan Seks Anak

Laporan: Jihan Nabila
Minggu, 09 Januari 2022 | 10:32 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan terkait penangkapan pelaku tindak pidana kekersan seksual anak di bawah umur di Polsek Setiabudi, Minggu (/9/1). (Halida Dianisia/SinPo).
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan terkait penangkapan pelaku tindak pidana kekersan seksual anak di bawah umur di Polsek Setiabudi, Minggu (/9/1). (Halida Dianisia/SinPo).

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad melakukan pengecekan atas adanya informasi tindak pidana kekerasan seksual anak dibawah umur 9 tahun di Polsek Setiabudi, Minggu (9/1).

Dasco mengaku pengecekan dilakukan atas permintaan Ketua DPR RI, Puan Maharani Soekarnoputri.

"Kami diminta oleh ibu Ketua DPR  untuk melakukan pengecekan dilapangan dan kami juga langsung melihat yang menangani yaitu Polsek Setiabudi," ujar Dasco.

Atas tindakan cepat tersebut, Ketua Harian DPP Gerindra ini mengapresiasi aparat kepolisian dalam hal ini Polsek Setiabudi.

"Kami mengapresiasi respon cepat polisi dari Polsek Setiabudi dari menerima laporan dan melakukan visum terhadap korban," kata Dasco.

"Nah, ini yang kita harapkan ketika nanti Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) disahkan respon dari pihak kepolisian itu harus cepat, seperti yang dilakukan Polsek Setiabudi," sambungnya.

Untuk para pelaku, kata Dasco, sudah diamankan dengan prosedur yang berlaku.

"Siang dilaporkan malam langsung ditangkap," ujarnya.

"Selanjutnya, nanti kepolisian akan merilis secara detail kronologi tindak kekerasan seksuan terhadap anak," sambung Dasco,

Sementara terkait pendampingan anak korban tindak kekerasan, kita akan serahkan ke pihak kepolisian. Biasanya, kata Dasco ada pendampingan-pendampingan internal dan  ada juga lembaga-lembaga yang tentunya akan berpartisipasi memulihkan trauma pasca kejadian.

"Setelah ini kita akan mengunjungi kelurga korban untuk kemudian memberikan simpati, rasa prihatin yang mendalam atas kejadian ini," demikian Sufmi Dasco Ahmad.sinpo

Komentar: