Pemerintah Siapkan Asrama Haji Pondok Gede Untuk Karantina Jemaah Umrah

Laporan: Rahmat
Senin, 24 Januari 2022 | 14:30 WIB
Asrama Haji Pondok Gede/SinPo
Asrama Haji Pondok Gede/SinPo

SinPo.id - Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama sepakat menjadikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat karantina jemaah umrah yang baru tiba di Indonesia nanti.

Kasubdit pemantauan umrah dan haji kementerian agama, Nur Alya Fitra, mengatakan, bahwa satgas Covid-19  telah mendatangi Asrama Haji Pondok Gede untuk melakukan assesment dan penilaian sarana prasarana di Asrama Haji Pondok Gede.

Satgas penanganan Covid-19 juga memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan sebagai tempat karantina jamaah umrah.

"Kami saat ini tengah mempersiapkan asrama haji sebagai salah satu tempat bagi karantina pelaku perjalanan luar negeri khusunya bagi jemaah umrah," ucap Nur Alya Fitra, di Jakarta Timur, Senin (24/1).

Saat ini, pihak asrama haji bersama Kemenag tengah melakukan persiapan untuk memenuhi seluruh rekomendasi yang diberikan satgas Covid-19.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kita bisa memenuhi seluruh rekomendasi dari Satgas Covid tersebut dan Asrama Haji bisa difinalisasi menjadi tempat karantina bagi jemaah umrah," katanya.

Sementara terkait dengan daya tampung jemaah, Asrama Haji Pondok Gede mampu menampung lebih dari 500 orang ketika nantinya dijadikan sebagai tempat karantina.

"Kapasitas karantina di Asrama Haji Pondok Gede kemarin sudah diperkirakan antara 500 sampai 700 jemaah yang bisa ditampung," kata Noer.sinpo

Komentar: