Jual 2 Kapal Perang, Prabowo Pastikan Pertahanan Laut RI Tak Akan Terganggu

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 27 Januari 2022 | 12:16 WIB
Menhan Prabowo Subianto/SinPo
Menhan Prabowo Subianto/SinPo

SinPo.id - Pertahanan laut Indonesia dinilai tidak akan terganggu dengan rencana pemerintah yang akan melakukan penjualan dua kapal perang yaitu KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (27/1).

"Ya kita perkuat, komisi satu mendukung presiden apalagi memberi perhatian besar," ujar Prabowo.

Prabowo mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan pengganti dari dua kapal perang yang akan dijual itu. Lebih lanjut, Dia menjelaskan penjualan dua kapal perang itu akan menggunakan sistem lelang.

"Tadi KSAL sudah mengatakan jadi yang dihapus atau yang akan kita keluarkan dari daftar aktif ya dilelang sebagainya sudah ada penggantinya," jelasnya.

Namun, Ketua Umum Partai Gerindra itu enggan menyebut jumlah pasti dari KRI yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Karena, menurutnya hal tersebut merupakan rahasia negara.

"Jadi begini, saya kira angka-angka persis itu masuk rahasia negara ya," tegasnya.

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan alasan pemerintah akan melakukan penjualan dua kapal perang yaitu KRI Teluk Mandar 514 dan KRI Teluk Penyu 513.

Prabowo mengatakan penjualan dua kapal perang tersebut karena sudah tidak dapat dipakai lagi untuk menjadi kapal tempur atau kapal perang.

"Ya karna memang sudah, sudah nggak bisa dipakai lagi," ujar Prabowo kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (27/1).sinpo

Komentar: