IPU Ke-144 Dimulai Besok! Puan Sebut Ketua-Anggota Parlemen Dunia Puji Prokes Dan Sambutan Indonesia

Laporan: Samsudin
Sabtu, 19 Maret 2022 | 11:22 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Twitter
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Twitter

SinPo.id - Forum parlemen seluruh dunia ini akan dimulai pada Minggu, (20/3) di Pulau Dewata, Bali. Sebagai tuan rumah, Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku optimis perhelatan IPU ini akan berlangsung sukses dan lancar.

Selain menunjukkan kedaulatan negara, penyelenggaraan IPU ke-144 tahun ini juga menjadi awal kebangkitan pariwisata Bali.

“Untuk semua delegasi yang telah hadir, selamat datang di Indonesia,” kata Puan.

“Saya bersyukur karena para delegasi merasa senang saat tiba di Bali untuk melaksanakan sidang IPU ke-144. Para ketua dan anggota parlemen dunia itu mengatakan, penyambutan yang dilakukan oleh Indonesia sangat baik,” ucap Puan seperti dikutip di akun Twitternya, Sabtu (19/3).

Di samping itu, kata Puan, para delegasi juga merasa aman dengan persiapan prokes dan keamanan ketat yang telah disiapkan oleh DPR RI dan tim terkait.

Hal-hal positif di atas, kata Puan, dapat menjadi bekal untuk menciptakan kesan bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah, mampu menanggulangi Covid-19, dan memiliki keamanan yang ketat, sehingga negara-negara dunia tidak ragu untuk bekerja sama dengan Indonesia.

“Harapan saya dalam perhelatan IPU ke-144 ini, semangat dan jiwa gotong royong yang menjadi nilai luhur bangsa Indonesia bisa bergema di dunia internasional,” imbuhnya.

Semangat gotong royong ini dapat diadopsi juga untuk menyelesaikan berbagai persoalan global. Seperti mengatasi perubahan iklim, mempercepat status pandemi Covid-19 menjadi endemi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, kesetaraan gender, meminimalisasi potensi konflik, dan lain-lain

“Saya percaya, Indonesia bisa menjadi bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dunia. Sekali lagi, gotong royong merupakan salah satu kunci terbaik untuk merealisasikannya dan akan saya sampaikan pada sidang IPU ke-144 ini,” demikian Puan.

Diketahui, sidang IPU ke-144 di Bali akan diselenggarakan pada 20-24 Maret 2022. Sebanyak 132 negara akan menghadiri Majelis IPU ke-144 dengan 33 Ketua Parlemen dan 35 Wakil Ketua Parlemen datang langsung.sinpo

Komentar: