Indonesia Vs Timor Leste Di SEA Games, Iwan Bule: Garuda Muda Wajib Menang

Laporan: Rahmat
Senin, 09 Mei 2022 | 15:30 WIB
Indonsia jalani laga kedua lawan Timor Leste cabor sepakbola SEA Games Vietnam/net
Indonsia jalani laga kedua lawan Timor Leste cabor sepakbola SEA Games Vietnam/net

SinPo.id - Laga Indonesia vs Timor Leste di ajang SEA Games 2021 ini menjadi laga pembuktian bagi kedua tim untuk bangkit dari kekalahan. Seperti yang diketahui, Timnas Timor Leste sudah menelan kekalahan 2 kali di ajang Sea Games 2021.

Pertama kalah dari Timnas Filipina dengan skor 4-0, sedangkan yang kedua dari Timnas Myanmar dengan skor 2-3.

Sedangkan di kubu Timnas, Indonesia kalah dari tuan rumah Vietnam di laga perdana melawan tuan rumah Vietnam dengan skor telak 0-3.

Jelang pertandingan kedua tim, meski lebih diunggulkan dari segi recovery pemain maupun rekor pertemuan, akan tetapi Timnas Timor Leste bukan tim yang mudah dikalahkan Timnas Indonesia.

Terbukti di laga terakhir saat berhadapan dengan Myanmar, Timor Leste mampu memberikan perlawanan sengit dan bahkan sempat unggul terlebih dahulu 2-0 sebelum akhirnya kalah tipis 2-3.

Tentunya hal itu harus diwaspadai Indonesia. Terlebih lagi semenjak dilatih Fabio Magrao, Timnas Timor Leste berubah menjadi kuda hitam yang mampu memberikan kejutan bagi tim-tim kuat di group A ini.

Dari pertemuan kedua tim di ajang SEA Games, Indonesia dan Timor Leste sudah bertemu sebanyak 2 kali, pertemuan pertama di 2013. Yang mana kedua tim harus bermain imbang 0-0 di fase grup.

Sedangkan dipertemuan kedua, di SEA Games 2017, Timnas Indonesia mampu menang dari Timnas Timor Leste, dengan skor 1-0. Gol saat itu dicetak oleh Marinus Wanewar.

Asnawi Gabung

Pada laga ini, Timnas juga mendapatkan amunisi tambahan yakni pemain belakang, Asnawi Mangkualam.

Pemain asal klub Ansan Greeners ini baru bergabung ikut latihan pada Minggu 8 Mei 2022 setelah mendarat dari Korea Selatan sehari sebelumnya.

Kedatangan Asnawi disambut positif oleh seluruh pemain, pelatih dan ofisial Tim U-23 Indonesia.

Selain itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga berharap kehadiran Asnawi membuat Garuda Muda semakin agresif dan kuat.

"Alhamdulillah kondisi Asnawi tidak ada masalah dan sudah bergabung bersama tim U-23 Indonesia. Kehadirannya sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong demi raihan hasil terbaik Indonesia," ujar Iriawan.

"Melawan Timor Leste harus wajib menang, tidak ada kata lain. Karena dengan kemenangan akan membuka jalan ke babak semifinal. Meski begitu, saya ingin anak-anak jangan meremehkan Timor Leste," tambah pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.sinpo

Komentar: