ETLE Efektif Kumpulkan Denda, Sahroni Dukung Komitmen Penerapan Perluasan

Laporan: Ari Harahap
Senin, 20 Juni 2022 | 16:54 WIB
Ahmad Sahroni/net
Ahmad Sahroni/net

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi III asal Fraksi Partai Nasdem Ahmad Sahroni mengapresiasi terobosan Korlantas Polri yang menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Sebab, sistem ini terbukti efektif dan telah berhasil mengumpulkan denda tilang sebesar Rp 639 miliar.

Menurutnya, keberhasilan polisi dalam mengumpulkan denda hingga 600 miliar lebih itu membuktikan bahwa polisi selalu memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam upayanya menegakkan hukum.

“Pencapaian ini sangat patut mendapat apresiasi dari kita semua, karena tak hanya jumlah dana dendanya yang besar, namun juga penggunaan teknologi yang terbukti sangat efektif dalam penerapan hukum di jalanan," ujar Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Senin (20/6).

Politisi Partai NasDem itu mengatakan ETLE juga bisa mengurangi praktek penyuapan di lapangan terhadap polisi, dan dirinya berkomitmen untuk terus mendukung penggunaan ETLE di berbagai Polda di Indonesia.

"Ini menunjukkan bahwa institusi kepolisian selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi,” katanya.

Lebih lanjut, Sahroni menilai penerapan tilang elektronik menunjukkan polisi telah melek dalam memanfaatkan elektronik dan itu menurutnya sudah menjadi sebuah keharusan.

“Memang tidak bisa dihindari, semuanya akan mulai beralih ke teknologi. Dalam hal ini, saya juga melihat ETLE sangat efektif dalam menghindari terjadinya aksi suap menyuap di lapangan terhadap penegak hukum. Karenanya, kami di Komisi III berkomitmen untuk terus mendukung terobosan seperti ini agar diperluas ke berbagai polda di Indonesia,” tandasnya.sinpo

Komentar: