Citayam Fashion Week Diklaim Baim Wong, Riza Patria: Itu Milik Publik

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 25 Juli 2022 | 14:12 WIB
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (SinPo.id/Zikri)
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, menanggapi langkah pasangan selebriti yang mendaftarkan brand Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Menurut Riza, langkah tersebut sah-sah saja. Namun, Riza mengingatkan, bahwa jalan tersebut adalah milik publik.

"Iya itu kan silakan saja Baim Wong, cuma itu kan milik publik. Jalan itu milik publik, milik pemerintah, ada jalan pemerintah pusat, jalan pemprov, ada jalan kabupaten kota, ada jalan desa, jalan kompleks, jalan perumahan, jalan kampung, macem-macem," kata Riza kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Senin 25 Juli 2022.

Riza menyampaikan langkah mendaftarkan CFW sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) itu keliru. Sebab menurutnya, kegiatan CFW di Dukuh Atas dilakukan di jalan umum yang merupakan hak masyarakat umum.

"Kalau CFW didaftarkan sebagai HAKI oleh Baim Wong, ya itu punya publik," kata Riza.

Riza menyebut belum menerima permintaan izin pendaftaran merek dagang CFW oleh Baim Wong. "Belum ada," imbuhnya.

Lebih lanjut, Politisi Partai Gerindra itu mengapresiasi kegiatan CFW yang menembus kelaziman dan bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

“Jadi Citayam itu sekarang kita mengapresiasi menghargai teman-teman kreatif di situ, pertama di situ fenomena itu ada sisi positifnya. Biasanya fashion week itu dilaksanakan orang dewasa, ini menembus kelaziman,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment.

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengkonfirmasi bahwa Citayam Fashion Week tengah dalam proses pendaftaran merek. Pendaftaran dilakukan oleh dua pihak yaitu PT. Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho.

“Benar bahwa DJKI telah menerima dua permohonan pendaftaran merek Citayam Fashion Week. Keduanya mendaftar di kelas 41 dan saat ini statusnya sedang untuk dipublikasi,” ujar Agung Indriyanto, Koordinator Pemeriksa Merek, di Jakarta, Minggu, 24 Juli 2022.

 sinpo

Komentar: