Petugas DLH Perkosa Remaja, DPRD Usulkan Tes Urin dan Psikotes untuk Perekrutan PJLP

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 26 Juli 2022 | 16:39 WIB
Ilustrasi korban pelecehan seksual (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi korban pelecehan seksual (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengaku prihatin atas peristiwa pemerkosaan yang dilakukan oleh oknum petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI. Menurutnya, perlu adanya perhatian khusus terkait masalah ini.

"Karena ini sudah terjadi, dan harus ada perhatian khusus. Memang kita prihatin dengan adanya peristiwa ini," kata Ida Mahmudah kepada wartawan di Jakarta, Selasa 26 Juli 2022.

Ida menyampaikan, masukan dari beberapa anggota terkait perlu adanya psikotes untuk perekrutan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP), akan menjadi pertimbangan.

"Ini juga menjadi perhatian apakah itu diperlukan psikotesnya. Nanti biar bapeda menghitung berapa kebutuhan, perlu atau tidaknya kan mereka yang menghitung. Ini kan usulan dari kami," kata Ida. 

Ida juga menyampaikan, kemungkinan akan diadakanya tes urin dan psikotes, akan menjadi perhatian pada rapat-rapat selanjutnya. 

Kendati demikian, Ida menyebut, persoalan anggaran perlu dipertimbangkan. Pasalnya, jumlah pegawai PJLP di DKI Jakarta yang tidak sedikit, yakni mencapai 130 ribu orang.

"Ya tes urin ini sama dengan psikotes, ini kan biayanya tidak sedikit ya. Yang saya khawatirkan kalau ini nanti dibebankan kepada PJLP tersebut kan kasihan," tuturnya.

"Ini menjadi perhatian kita, menjadi masukan, menjadi perhatian tersendiri, apakah nanti (tes urin dan psikotes) menggunakan APBD atau seperti apa," katanya.sinpo

Komentar: