Pengusaha Terbesar Biji-bijian Ukraina Tewas Dalam Serangan Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 01 Agustus 2022 | 09:02 WIB
Oleksiy Vadatursky (SinPo.id/Twitter)
Oleksiy Vadatursky (SinPo.id/Twitter)

SinPo.id - Rudal Rusia menghantam pelabuhan Mykolaiv di Ukraina Selatan, dan menewaskan pemilik salah satu perusahaan penghasil dan pengekspor biji-bijian terbesar di Ukraina.

"Oleksiy Vadatursky, pendiri dan pemilik perusahaan pertanian Nibulon dan istrinya, tewas di rumah mereka," kata Gubernur Mykolaiv Vitaliy Kim melalui Telegram, seperti dilansir dari Reuters, Minggu 31 Juli 2022.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengatakan bahwa kematian Vadatursky merupakan sebuah kerugian besar bagi negara.

"Pengusaha itu sedang dalam proses membangun pasar gandum modern yang melibatkan jaringan dari pelabuhan transhipment dan elevator," ungkapnya.

Tak hanya itu, Wali Kota Mykolaiv, Oleksandr Senkevych, mengatakan bahwa 12 rudal Rusia juga telah menghantam sejumlah rumah dan fasilitas pendidikan di kota tersebut.

"Tiga orang terluka dalam serangan itu, dan ini merupakan serangan paling dahsyat yang terjadi selama lima bulan perang berlangsung," kata Senkevych.

Seperti diketahui, perusahaan Nibulon milik pengusaha Vadatursky, merupakan salah satu perusahaan terbesar di Ukraina yang memproduksi dan mengeskpor, gandum, jelai, dan jagung.

Nibulon juga memiliki sejumlah armada kapal sendiri yang digunakan untuk pengiriman biji-bijian ke seluruh dunia, dan berkantor pusat di Mykolaiv, kota strategis yang berbatasan dengan wilayah Kherson.sinpo

Komentar: